Sala Bulek, Panganan Wajib Pambukoan di Pariaman

Sala Bulek Panganan Wajib Pambukoan di Pariaman Ilustrasi Sala bulek (Foto:Covesia/Junaidi)

Covesia.com - Tidak terasa kita sudah memasuki hari pertama bulan suci Ramadhan 1439 H/2018 M. Ketika berpuasa, menahan lapar dan haus, tentu umat muslim yang ada di seluruh dunia, termasuk juga umat muslim yang ada di Kota Pariaman, akan menikmati yang namanya waktu berbuka puasa, atau dalam bahasa minang Babuko.

Nah, salah satu menu andalan dan menjadi icon dari kota pariaman, yaitu Sala, panganan yang wajib yang akan menyertai ketika kita bersantap untuk berbuka. Arti pambukoan sendiri berarti makanan yang akan disantap ketika menikmati waktu berbuka (Babuko).

Sala Bulek, akan banyak kita temui di sekitar Kota Pariaman, dan pedagang “musimam” yang khusus menjual panganan pambukoan inipun, dapat dengan mudah kita temui dikala akan mencari makanan untuk kita berbuka puasa.

Sala sendiri adalah panganan yang menjadi iconya Kota Pariaman, selain icon tentang pesta budaya Tabuik nya. Karena di sepanjang pantai yang ada di Kota Pariaman, kita akan menemui banyak para pedagang yang menjual jajanan ini.

Sedangkan untuk bulan Ramadhan ini, pedagang Sala ini akan semakin banyak di sepanjang jalan atau di pasar, untuk mengais rezeki di bulan yang penuh berkah ini.

Sala Bulek adalah makanan khas Kota Pariaman yang paling terkenal, dengan bentuknya yang bulat dan warna kuning kecoklatan, yang didapat dari warna asli jahe dan bumbu rempah yang digiling halus. Dan bahan utama membuat sala ini adalah Tepung Beras ditambah dengan daging ikan yang dihaluskan, karena itu, sala bulek ini juga sering disebut dengan sala lauak (ikan).

Bagi yang mau berkunjung ke Kota Pariaman, ini loh makanan khas asli dari kota pariaman, yang merupakan panganan wajib pambukoan bagi warga Kota Pariaman. Selamat Berbuka bagi umat muslim yang menunaikan ibadah puasa.

Kontributor Pariaman: Junaidi

Berita Terkait

Baca Juga