Salah Satu Destinasi Wisata Pantai di Pesisir Selatan Diterjang Abrasi

Salah Satu Destinasi Wisata Pantai di Pesisir Selatan Diterjang Abrasi Kawasan Pantai yang rusak saat di terjang Abrasi (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Akibat cuaca yang buruk beberapa waktu lalu di peraiaran Pesisir Selatan mengakibatkan abrasi pantai yang melanda salah satu Destinasi Wisata Pantai Pinus di Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Abrasi pantai yang melanda kawasan wisata tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 Wib yang mengikis dan meporak porandakan kawasan wisata di daerah itu.

"Cuaca buruk dengan gelombang yang sangat tinggi sudah melanda kawasan tersebut dari beberapa hari sebelumnya dan terus menerjang kawasan pantai pinus kapuh. Karna terjangan gelombang yang tinggi sehingga mengakibatkan jalan pantai pinus kapuh tidak bisa lagi digunakan untuk berjalan dikawasan wisata ini," Sebut Rival salah seorang warga setempat pada Covesia.com Selasa (15/5/2018).

Ia menambahkan, akibat abrasi kerusakkan kawasan pantai pinus kapuh sepanjang 500 meter.

"Untuk saat ini, kawasan tersebut tidak bisa digunakan bagi pengunjung yang ingin berjalan kaki akibat diterjang oleh ombak besar dari kemarin," jelasnya.

Lanjutnya, selain jalan yang rusak cukup parah, aliran sungai di kawasan itu juga tertutup oleh pasir.

"Kami sangat berharap kepada pemerintah kabupaten pesisir selatan, supaya dapat meninjau lokasi pantai pinus kapuh ini. Karena pantai ini tidak bisa lagi digunakan untuk berwisata," ungkapnya.

Padahal kawasan pantai pinus kapuh ini. Cukup diminati oleh para pengunjung dengan distinasi pantai yang indah dan jejeran batang pinus tersusun rapi, yang acap kali dijadikan momen untuk berselfi oleh setiap  pengunjung pantai yang datang," tutupnya.

Kontributor Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga