Hamilton Tercepat pada Sesi Latihan Bebas Kedua GP Spanyol

Hamilton Tercepat pada Sesi Latihan Bebas Kedua GP Spanyol Lewis Hamilton (@F1)

Covesia.com - Juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton kembali memuncaki daftar catatan waktu tercepat pada sesi latihan kedua Grand Prix (GP) Spanyol pada Jumat kemaren, di mana dua pebalap Red Bull Daniel Ricciardo dan Max Verstappen menempel ketat dirinya.

Pebalap Britania itu, yang memimpin klasemen kejuaraan sebesar empat poin dari pebalap Ferrari Sebastian Vettel setelah empat balapan, mencatatkan waktu di Circuit de Catalunya dengan torehan satu menit 18,259 detik dengan ban lunak.

Pebalap Australia Ricciardo, yang mobilnya memiliki peningkatan aerodinamis untuk awal musim Eropa, mengakhiri sesi dengan lebih lambat 0,133 detik setelah mengalami kecelakaan pada pagi hari sedangkan Verstappen berada di urutan ketiga.

Dua mobil Red Bull bertabrakan di Azerbaijan dua pekan silam dan berada di bawah pengawasan ketat para petinggi tim, yang dapat melakukan intervensi jika rivalitas mereka kembali memanas pada balapan Minggu besok.

Vettel, yang akan mengejar "pole position" keempatnya secara beruntun pada Minggu, berada di urutan keempat dan rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, di urutan kelima.

Rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, mengalami masalah pada power unit.

Bottas mencatatkan waktu tercepat secara keseluruhan pada hari itu di sesi pembukaan dengan torehan 1:18,148 dengan menggunakan ban lunak, lebih cepat 0,849 detik dibanding Hamilton yang menang dari posisi start terdepan di Spanyol tahun lalu.

Hamilton tidak merasa nyaman sepenuhnya dengan mobilnya dan mengakui bahwa keberhasilannya mengandalkan banyak keberuntungan.

"Saat ini, saya tidak menampilkan kemampuan terbaik dan belum layak untuk memenangi kejuaraan dunia," kata juara empat kali itu kepada para pewarta dikutip Antara, Sabtu (12/05/2018).

Ia menimpali, "Saya memiliki nol rasa nyaman... Saya akan mengambilnya sekarang namun untuk jangka waktu panjang saya tidak dapat terus bersandar kepada hal itu."

Safety car vitual memasuki trek pada pagi hari ketika mobil Ricciardo masuk ke gravel dan menuju pagar pembatas.

"Syukurlah, kerusakannya tidak parah. Sayap depan yang sudah tua maka ia adalah anak yang beruntung," kata ketua tim Christian Horner kepada televisi Sky Sports.

Pahlawan tuan rumah Fernando Alonso memulai akhir pekan dengan menduduki urutan keenam, di belakang Raikkonen, di mana mobil McLarennya mengalami revisi pada moncong mobil -- salah satu peningkatan yang dilakukan di "pitlane."

Pebalap Spanyol itu belakangan tergelincir ke urutan ke-12.

Sementara itu, Ferrari menarik perhatian dengan pemasangan sayap di pelindung kepala halo sebagai eksperimen.

Williams memiliki sesi percobaan lain ketika pebalap cadangan asal Polandia Robert Kubica ambil bagian pada balapan akhir pekan untuk pertama kalinya sejak 2010, tiga bulan sebelum ia menderita luka-luka serius akibat kecelakaan saat mengikuti reli.

Mantan pemenang balapan itu menghuni urutan ke-19, dengan catatan waktu 1:21,510, namun lebih cepat dari pebalap muda Kanada yang merupakan rekan setimnya Lance Stroll yang berada di posisi terakhir dalam catatan waktu dengan torehan 1:22,756 setelah mobilnya masuk ke gravel.

"Tidak dapat dipercaya betapa buruknya keseimbangannya," keluh Stroll melalui radio.

Kubica menggantikan pebalap pemula asal Rusia Sergey Sirotkin, yang kembali untuk latihan kedua dan lebih lambat dengan catatan waktu 1:22,060.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga