Legenda Pemimpin Cantik dan Indahnya Air Terjun Gadih Ranti di Agam

Legenda Pemimpin Cantik dan Indahnya Air Terjun Gadih Ranti di Agam Foto: Johan Utoyo

Covesia.com - Seperti tidak ada habisnya bicara mengenai potensi wisata Alam di kabupaten Agam, mulai dari danau, pantai, dan wisata alam lainnya, kali ini kita mencoba membahas mengenai destinasi wisata alam Air Terjun Gadih Ranti.

Air Terjun Gadih Ranti terletak di perbatasan jorong Dama Gadang dengan jorong Arikia, nagari Tanjung Sani, kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam, provinsi Sumatra Barat (Sumbar), tepatnya berada di 1,6 Km dari jalan Raya Lubuk Basung – Maninjau, dan berdekatan dengan bendung irigasi Batang Antokan dan PLTA Maninjau.

Untuk kelokasi air terjun ini, pengunjung harus melalui jalan Lubuk Sao –Arikia dan dari tepi jalan raya dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai Sepanjang 600 meter menuju lokasi. Namun jangan khawatir, sepanjang perjalanan kita disuguhkan pemandangan dan udara segar perbukitan serta kicauan burung yang buat suasana menjadi makin nyaman dan tetap enjoy melanjutkan perjalanan.

Air Terjun Gadih Ranti , memiliki ketinggian 40 meter dan terdiri dari beberapa tingkat dan didampingi beberapa air terjun kecil di sekitarnya.

Salah seorang masyarakat setempat Zulkarnain, (55) saat ditemui Covesia.com, menceritakan, menurut mitos yang beredar di masyarakat setempat, dahulunya ada seorang putri yang bernama Gadih Ranti yang memiliki paras cantik dan rambut yang panjang.

Selain terkenal cantik, Gadih ranti juga seorang pemimpin kerajaan kecil di daerah setempat, ia terkenal dengan kelembutan dan kebijaksanaan dalam mengatur pemerintahan, pertahanan dan ekonomi sehingga dicintai semua rakyatnya.

 "Gadih Ranti suka mandi di ai terjun tersebut, maka dari itu air terjun itu dinamai air terjun gadih ranti," jelas Zulkharnain.

Tiap pekannya ratusan wisatawan lokal maupun mancanegara menyempatkan diri menuju kesana, untuk mandi sambil menikmati pemandangan atau hanya sekedar mengabadikan moment keberadaan mereka disana.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga