Tradisi dalam Modernitas: 5 Kedai Bergaya Wedangan ini Adanya di Kota Solo

Tradisi dalam Modernitas 5 Kedai Bergaya Wedangan ini Adanya di Kota Solo Playground

Covesia.com - Pernah dengar apa itu wedangan? Wedangan merupakan istilah populer di Solo untuk warung yang menyajikan makanan dan minuman hangat, serta kerap buka pada malam hari. Walau identik dengan kesederhanaan, konsep wedangan ternyata digemari oleh pengelola kedai modern.

Bagi anda penyuka jalan-jalan hemat, promo tiket pesawat murah ke Solo serta makan di kedai bergaya wedangan adalah paduan sempurna.

Solo memiliki cukup banyak kedai modern yang mengadopsi gaya wedangan. Walau kisaran harganya sedikit lebih mahal dari warung sungguhan, tetapi masih terjangkau. Berikut beberapa kedai yang cukup direkomendasikan:

Cafedangan

                                                                             Source : tripadvisor

Sesuai namanya, Cafedangan adalah kedai kopi yang diberi sedikit konsep wedangan. Kedai ini tidak hanya menyuguhkan kopi, tetapi juga berbagai minuman hangat, jajanan tradisional, dan menu khas angkringan.

Dekorasinya didominasi hiasan bambu serta perabot rotan. Cafedangan menawarkan ruang kosong di lantai dua sebagai ruang serba guna, yang bisa disewa untuk berbagai acara.

Cafedangan berlokasi di dekat Stadion Manahan, tidak jauh dari lapangan tenis.

Menu khas: wedang rempah, wedang jahe, es tape, aneka sate, lumpia, tempe mendoan, gorengan

Wedangan Radjiman


                                                                     Source : tripadvisor

Wedangan Radjiman merupakan “kafe wedangan” yang relatif baru. Kafe ini dulu kecil, tetapi kini sudah menempati bangunan yang lebih besar. Bagian dalamnya dihias dengan beragam mural, sehingga sangat trendi dan cocok untuk tempat nongkrong anak muda (atau berswafoto untuk diunggah ke Instagram).

Wedangan Radjiman berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan. Tempat ini juga merupakan lokasi populer untuk “nobar” pertandingan sepak bola.

Menu khas: wedang rempah, tempe mendoan, sate usus, sate hati ayam, kikil, sate sosis, tempe mendoan, gorengan

Tiga Tjeret


                                                                           Source : tripadvisor

Tiga Tjeret adalah salah satu “kafe wedangan” paling populer di kalangan anak muda Solo. Desainnya menggunakan konsep kreatif, dengan kap lampu dari botol bekas, mural, serta ilustrasi buatan seniman-seniman muda. Tiga Tjeret juga memiliki tempat duduk di luar ruangan, sehingga cocok untuk nongkrong santai bersama teman dan keluarga.

Tiga Tjeret memiliki lokasi strategis yang cocok untuk wisatawan, yaitu di depan Keraton Mangkunegaran dan tidak jauh dari Pasar Triwindu.

Menu khas: wedang tape, wedang jahe, wedang rempah khas Tiga Tjeret, sate cumi, sate udang, kikil, sate hati ayam, mendoan, hidangan makan siang (nasi timbel, ayam goreng kremes, pecel).

Playground


                                                                                Source : yukpiknik

Playground adalah kedai terbuka berkonsep urban café, sehingga mirip versi modern dari wedangan. Playground adalah salah satu proyek pengelola Tiga Tjeret, sehingga menu yang disajikan tidak jauh berbeda.

Sesuai namanya, Playground menyediakan fasilitas Wi-Fi dan komputer untuk bermain game. Playground juga menjadi salah satu tempat berkumpul favorit berbagai komunitas, karena areanya yang luas dan terbuka.

Playground berlokasi di Jalan Kenanga, Badran, tidak jauh dari lapangan Kota Barat.

Menu khas: wedang jahe, wedang rempah, wedang tape, sate hati ayam, kikil, sate sosis, sate usus, sate telur puyuh, tahu sunduk, tempe mendoan

Wedangan Pendopo


                                                                              Source : yukpiknik

Wedangan Pendopo adalah kedai berkonsep vintage, sehingga digemari wisatawan dan anak muda berselera klasik. Bagian dalamnya didekorasi dengan pernak-pernik retro seperti lampu gantung, sepeda motor antik, foto-foto lama, ornamen kepala rusa, dan taplak batik. Kedai wedangan ini terkenal sebagai salah satu langganan Presiden Jokowi.

Wedangan Pendopo berlokasi di Jalan Srigading 1, Mangkubumen, Banjarsari. Lokasinya tidak jauh dari penginapan Rumah Turi.

Menu khas: aneka sate, wedang rempah, wedang jahe, wedang tape, gorengan, tempe mendoan, bakwan jagung, berbagai kue tradisional (lupis, lemper, jadah).

Ingin segera mencicipi kedai wedangan? Jangan lupa mempersiapkan tiket pesawat Sriwijaya Air murah ke Solo bersama Airy.

Airy merupakan jaringan penyedia tiket pesawat dan hotel budget terlengkap di Indonesia. Layanan terbaik dengan promo terbesar menjadi andalan Airy dalma memanjakan para pelanggannya. Jadi tunggu apalagi, yuk pergi berlibur hemat bersama Airy!


Berita Terkait

Baca Juga