Destinasi Wisata Berikut Jadi Bukti Kalau Sumatera Barat itu 'Rancak Bana!'

Destinasi Wisata Berikut Jadi Bukti Kalau Sumatera Barat itu Rancak Bana Ilustrasi

Covesia.com - Selain terkenal dengan kulinernya yang mendunia, seperti rendang hingga sate Padang, Ranah Minang ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang sayang banget untuk dilewatkan.

Mulai dari keindahan pantainya, pegunungan, lembah hingga arsitektur bangunannya yang sangat menarik untuk dieksplor. Tidak heran kalau orang bilang Sumatera Barat itu punya destinasi wisata yang lengkap.

Seperti dikutip covesia dari laman kitamuda.id, berikut beberapa tempat wisata menarik untuk dikunjungi ketika anda ingin berlibur ke Sumatera Barat. Tempat-tempat ini tentunya bisa menambah referensi daftar liburan anda. Apa saja itu? 

1. Danau Maninjau yang memukau 

Danau yang memiliki pemandangan menakjubkan ini terletak di Kecamatan Tanjung Raya, sekitar 140km dari Kota Padang atau 36km dari Kota Bukittinggi. Meskipun jaraknya cukup jauh dari Kota Padang, pemandangan eksotisnya sayang banget untuk dilewatkan.

Untuk sampai di sini anda harus melewati jalan yang berliku dan curam yang dikenal dengan sebutan kelok 44. Tapi tenang, pemandangan hijau sepanjang kelok 44 tidak akan membuat perjalanan anda terasa berat.

2. Mampir ke Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam atau jurang yang terletak di perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Kalau berkunjung ke tempat ini, anda bisa menikmati hamparan rumput hijau, serta aliran anak sungai yang berliku-liku menyusuri celah tebing berwarna-warni. Suasananya sungguh menenangkan dan membuat anda betah berlama-lama di sini.

3. Jam Gadang, ikon kota Bukittinggi

Jam Gadang adalah sebuah menara jam yang berada di pusat Kota Bukittinggi. Menara jam ini merupakan kebanggaan masyarakat Bukittinggi yang nggak boleh anda lewatkan ketika liburan di Sumatera Barat.

Di sini anda bisa puas-puaskan foto atau sekedar duduk-duduk di taman yang ada di sekitar situ. Nah setelah puas foto-foto, anda bisa sekalian beli souvenir atau oleh-oleh di Pasar Atas Pasar Bawah yang terletak tepat di belakang Jam Gadang.

4. Menyesapi keelokan Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai atau yang dikenal masyarakat dengan nama Aia Mancua Lembah Anai ini merupakan air terjun yang populer di Sumatera Barat. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai.

Dengan ketinggian sekitar 35m dan pemandangan serba hijau yang luar biasa, membuat tempat ini cocok dikunjungi wisatawan yang bosan suasana perkotaan dan membutuhkan ketenangan.

5. Kecantikan Lembah Harau yang tak boleh terlewatkan

Merupakan cagar alam dengan bukit kapur yang curam dengan ketinggian 100 sampai 150 m, yang terletak 14 km dari Payakumbuh atau sekitar 138 km dari Kota Padang.

Lembah Harau memiliki pemandangan eksotis yang akan memanjakan mata wisatawan. Selain itu, udara sejuk ala pegunungan menjadi alasan mengapa banyak orang ingin datang berkunjung ke tempat ini.

6. Sumatera Barat ternyata punya pulau yang indah, seperti Pulau Sikuai 

Pulau Sikuai memiliki panorama yang menakjubkan dan memberikan sensasi layaknya berlibur di pulau pribadi. Birunya laut yang indah, ombak yang tenang, pasir pantai yang sangat lembut dan bersih, serta tempatnya yang jauh dari hiruk-pikuk pengunjung menjadi daya tarik dari pulau ini.

Berbagai aktivitas bisa anda lakukan di sini seperti snorkeling, berenang di pantai atau mendayung kano di tengah laut, bersepeda mengelilingi pulau, trekking ke hutan tropis, dan masih banyak lagi. Untuk mencapai pulau ini, anda harus berlayar dengan kapal dari pelabuhan Muara dengan waktu tempuh sekitar 45 menit atau dari dermaga Airud Bungus dengan waktu tempuh 35 menit.

7. Pulau Cubadak yang disebut-sebut “Raja Ampatnya” Ranah Minang

Pulau Cubadak adalah surga tersembunyi di Sumatera Barat yang keindahannya nggak kalah dengan Raja Ampat di Papua. Kalau berkunjung ke sini, mata anda akan dimanjakan dengan pantainya yang bersih dan asri. Selain keindahan pantainya, anda bisa menikmati biota laut dan terumbu karang pulau ini yang memukau.

Untuk mencapai Pulau Cubadak, pertama-tama anda harus menempuh perjalanan darat dari Kota Padang ke pelabuhan Carocok. Setelah itu, anda akan menyeberang dari pelabuhan Carocok ke Pulau Cubadak dengan perahu speed boat.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga