Pulau Keong, Destinasi Wisata yang Kurang Terawat di Pesisir Selatan

Pulau Keong Destinasi Wisata yang Kurang Terawat di Pesisir Selatan Tampak Pulau Keong/Pulau Batu Nago yang diambil dari kejauhan. (Foto:Covesia/Arif Putra)

Covesia.com- Sebagaimana yang diketahui khalayak, Pesisir Selatan merupakan tempat terbaik di Sumatera Barat untuk menikmati suasana pantai. Hampir di sepanjang jalan Pesisir Selatan dapat dijumpai tepian pantai nan indah dan sejuk dipandang mata.

Begitu juga dengan pesona pantai yang ada di Kecamatan Batang Kapas yang biasa disebut Pulau Keong atau Pulau Batu Nago. Pulau Batu Nago yang terletak di Labuhan Baru Taluak Kasai Batang Kapas ini juga menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang belum terjamah oleh banyak orang.

Tempatnya yang masih alami menjadikan kawasan tersebut semakin indah. Pantai dan pasir putih, ditambah lagi nyiur yang menerpa dedaunan pohon-pohon tepian pantai. Sangat cocok jadi pilihan untuk berakhir pekan. Tempat ini menjadi ikon di Labuhan Baru Taluak Kasai sebagai legenda, sebuah cerita rakyat yang sampai saat ini terus dijaga.

Menurut info salah seorang pendatang yang pergi ke sana menyebutkan, sebenarnya tempat tersebut sangat indah. Selain karena ada sebuah perkampungan di sana, pulaunya yang tidak terlalu jauh juga menjadi salah satu keuntungan.

Sebab, pengunjung tidak perlu menyewa boat untuk sampai ke pulau, tapi harus dalam keadaan pasang laut dangkal. Jika pasang sedang naik, maka kita hanya bisa bermain di tepian pantai saja, karena untuk menuju Pulau, kita hanya berjalan kaki melewati laut.

Sari (27) seorang pengunjung lokal memaparkan, bahwa dia sudah dua kali datang ke sana. Meski tempatnya lumayan jauh dari jalan raya Batang Kapas, tapi sesampai di sana akan terbayar oleh keindahan pantai dan Pulau Batu Nago.

"Seharusnya tempat ini bisa dikelola oleh pemerintah, setidaknya menjadi alternatif lain pewisata untuk berkunjung. Bukan hanya di Painan Dan Tarusan saja." sebutnya ketika ditanyai Covesia, Sabtu (7/10/2017).

Untuk saat ini, tempat tersebut masih dalam keadaan kurang terawat, selain akses yang jauh dari jalan raya masyarakat setempat yang masih awam juga menjadi alasan lain kurangnya pendatang. Tersebab banyaknya isu-isu tradisional yang terus beredar membuat pewisata memilih tempat yang sudah dikelola pemerintah.

Tetapi, untuk seorang petualang atau traveling, tempat ini sangat cocok, tidak kalah menarik dari tempat yang ada di Pesisir Selatan lainnya. Banyak spot untuk mendapatkan foto-foto terbaik.

Reporter Pessel: Arif Putra

( )

Berita Terkait

Baca Juga