Legitnya Bika Bakar Khas Ranah Minang

Legitnya Bika Bakar Khas Ranah Minang Bika Bakar Khas Ranah Minang. (sumber: chefhendrimuchlis.blogspot.com)

Covesia.com - Bicara tentang bika, pasti anda akan langsung berpikir tentang bika ambon khas medan. Tapi taukah anda di Sumatera Barat juga ada jenis cemilan bernama bika.

Eits jangan berpikir Bika Ambon dan Bika dari Sumbar ini sama ya. Bika khas Ranah Minang ini sangat berbeda dengan Bika Ambon. Jika dilihat sekilas dari bentuknya terlihat jelas perbedaannya, apalagi dari sisi rasa dan cara pengolahannya

Cemilan yang sangat cocok disantap pada saat panas ketika cuaca dingin ini terbuat dari campuran tepung beras, parutan kelapa, santan kelapa, gula, tape ubi dan pisang ambon.

"Dipanggang ateh bawah (Dibakar bagian atas dan bawah)," begitu Orang Minang menyebut makanan ini.

Ya, begitulah proses pengolahannya. Adonan yang di aduk rata dituangkan kedalam cetakan yang telah dialasi daun pisang. Kemudian dimasukan ke dalam oven tradisional yang dibakar dengan menggunakan kayu bakar dan batok kelapa.

Ini sisi unik si bika urang awak ini, tidak hanya dibakar dengan api dari bawah oven namun bika ini juga harus dibakar bagian atasnya dengan cara meletakan bara api dibagian atas oven. Inilah yang disebut dengan "dipanggang ateh bawah,".

Aroma manis dari bika yang matang ditambah aroma tradisional dari bara api dan daun pisang mampu menggugah selera. Tidak hanya aroma, rasa dari bika ini dijamin mampu menggoyang lidah penikmatnya. Pasti ketagihan deh.

Jika anda berkunjung ke negeri surganya makanan enak ini, jangan lupa menyempatkan diri untuk mencoba legitnya Bika khas Ranah Minang ini. Pondok bika akan banyak anda temui di kawasan Koto Baru Kota Padang Panjang. Cuaca yang dingin sangat cocok untuk menyantap bika. (utr/bim)

Berita Terkait

Baca Juga