Hari Gini Belum Minum Kopi Solok?

Hari Gini Belum Minum Kopi Solok Menyeduh Kopi Solok (Foto: Puji Hayati/covesia.com)

Covesia.com - Bagi para pecinta kopi, mungkin harus mencoba jenis arabika yang satu ini, Kopi Solok. Kopi ini, yang ditanam di dataran tinggi Kabupaten Solok, Sumatera Barat itu lho.. Tanaman yang persisnya berada di pinggir Danau Kembar dan lereng Gunung Talang itu..!

Jika ingin menikmati Kopi Solok, anda bisa datang ke Kubik Koffie di kota Padang. Coffee Shop ini menyajikan Kopi Solok dengan teknik penyeduhan manual brewing. Pengunjung pun bisa melihat langsung proses pembuatannya.

Proses penyeduhan Kopi Solok dengan manual brewing ini dilakukan selama tiga menit. Kopi yang disajikan kepada konsumen akan ditimbang dengan perbandingan 1 per 15. Misalnya, dengan 15 gram bubuk kopi, akan menghasilkan 225 gram kopi siap diminum.

Yan Partawijaya, pemilik Kobik Koffie ini mengatakan, bahwa hasil kopi dari manual brewing akan lebih clean dibandingkan dengan proses pembuatan kopi secara modern. Disana, kopi Solok juga disajikan alami tanpa gula.

"Kopi itu memiliki rasa pahit, asam, dan sweetness. Menurut saya, minum kopi yang benar itu adalah tidak pakai gula," ujar Yan kepada covesia.com. (zik/pji)

Berita Terkait

Baca Juga