Ke Samosir Yuk! Pulau Eksotis di Tengah Danau Toba

Ke Samosir Yuk Pulau Eksotis di Tengah Danau Toba Pulau Samosir

Covesia.com - Akhir pekan, waktu yang tepat untuk memanjakan pikiran anda, setelah melewati rutinitas yang melelahkan. Berwisata merupakan salah satu pilihan umum yang dilakukan untuk mengusir kejenuhan.

Bagi anda yang berencana melakukan perjalanan ke Sumatera Utara, jangan sampai melewatkan tempat wisata yang ada di Pulau Samosir, ya!

Pulau kecil yang menjadi bagian tak terpisahkan dari danau Toba. Berketinggian sekitar 1000 meter dpl, pulau Samosir memiliki keindahan alam yang masih natural.

Berwisata di Samosir tidak hanya berbicara tentang alam dan budaya saja. Namun, berbagai peninggalan sejarah dapat juga anda temukan disini.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut covesia menyajikan tempat wisata yang patut anda kunjungi di Samosir.

Pemandian air panas Rianiate

Objek wisata yang satu ini memang belum banyak dikenal wisatawan. Pemandian air panas Rianiate bukan hanya sekedar mandi berendam saja, tapi airnya juga berkhasiat menyembuhkan penyakit, lho!

Tempat pemandian ini tepat berada di bawah kaki Gunung Pussuk Buhit yang merupakan puncak tertinggi dari gunung Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Pantai pasir putih Parbaba

Pantai ini memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan, ciri khas dari alam danau Toba, karena lokasinya memang tidak jauh dari objek wisata danau Toba, tepatnya pantai pasir putih Parbaba yang berada di desa Hutabolon, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Dengan ombak yang tidak begitu besar, menjadikan pantai pasir putih Parbaba tempat yang asyik untuk tujuan wisata keluarga. Selain itu anda juga bisa menikmati pantai ini sambil berjemur di bawah sinar matahari khas daerah pegunungan yang menyegarkan.

Batu Kursi Raja Siallagan Samosir atau Batu Persidangan

Tempat ini salah satu bukti sejarah tentang adanya persidangan, sekaligus pemberian eksekusi hukuman di pulau Samosir pada zaman dahulu.

Tempat ini masih berdiri kokoh di perkampungan yang bangunannya menggunakan batu-batu besar disusun bertingkat seperti tembok besar.

Lokasi wisata ini berada di Huta Siallagan Desa Ambaruta, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Saat berada di lokasi ini, anda pasti merasa takjub dengan pemandangan yang tak biasa anda temukan.

Yang menjadi dayatarik dari tempat wisata ini adalah adanya bangunan berupa batu persidangan yang digunakan pada zaman dahulu sebagai tempat pengadilan.

Museum Huta Bolon Simanindo Samosir

Mengunjungi wisata yang dikenal dengan 'seribu manikam Danau Toba' ini terkenal akan kekentalan budaya tradisionalnya Batak. Banyak hal menarik yang bisa anda jumpai di tempat ini, mulai dari patung sigale-gale, rumah adat tua, tarian tradisional, alat musik tradisional dan lainnya.

Salah satu peninggalan budayanya yang sangat terkenal adalah Huta Bolon yang merupakan rumah adat warisan dari Raja Sidauruk.

Museum yang mempunyai nilai sejarah ini, bangunannya terdiri atas beberapa rumah adat dengan Huta Bolon Simanindo sebagai pusatnya. Lokasi wisata Huta Bolon ini berada di desa Simanindo, sebuah desa di pulau Samosir, Sumatera Utara.

Kebun Raya Samosir

Jika anda ingin menikmati keindahan flora pegunungan Sumatera Utara diatas kaldera terbesar di dunia, kawasan Kebun Raya Samosir menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang menyukai pesona alam yang indah.

Kawasan dengan luas 100 ha ini mempunyai eksotika tersendiri di tengah hawa sejuk khas dataran tinggi yang berhembus di sekitar danau Toba. Karena jaraknya memang tidak jauh dari lokasi tepi danau Toba yang hanya sekitar 200-300 meter, dengan perbedaan ketinggian kurang dari 200 meter.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga