Sajikan Kuliner Khas Tempo Dulu, Salah Satu Daya Tarik di Dangau Pasawangan Lasi Agam

Sajikan Kuliner Khas Tempo Dulu Salah Satu Daya Tarik di Dangau Pasawangan Lasi Agam Sajikan Kuliner Khas Tempo Dulu, Salah Satu Daya Tarik di Dangau Pasawangan Lasi Agam (Foto: Covesia/ Debi)

Covesia.com - Ada yang unik di Nagari Lasi Kabupaten Canduang, Kabupaten Agam, tepatnya di objek wisata Dangau Pasawangan XII Kampuang Canduang Koto Laweh. Selain bisa menikmati wisatanya, disini pengunjung juga bisa merasakan sensasi makan makanan tempo dulu.

Awalnya, di lokasi ini hanya di buka untuk objek wisata yang diberi nama Dangau Pasawangan pada November 2020 lalu. Namun pemilik objek wisata Khairul (43) kembali berinovasi dengan menyajikan makanan khas tempo dulu.

"Idenya terbesit begitu saja. Kalau makanan seperti yang di kota-kota sudah biasa, jadi saya berpikir untuk menyajikan makanan yang berbeda dengan tema tempo dulu, sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi makanan dahulu," ungkapnya saat dikunjungi, Selasa (12/1/2021).

Ia menerangkan selain bisa menikmati objek wisata Dangau Pasawangan ini, pengunjung juga dimanjakan dengan indahnya alam sekitar yang ditumbuhi hamparan sawah serta pemandangan indah gunung Marapi dan Singgalang ditambah sejuknya udara jauah aktivitas lalu lalang kendaraan di kota.

Menu yang disajikan berupa sayur-sayuran yang direbus seperti sayur ubi singkong, japan, dan terong ditambah dengan sambal yang 'diuwok' atau cabe yang direbus kemudian baru digiling. Telur dadar, ikan asin yang dipanggang serta menu baru itiak lado hijau. 

"Menunya memang simple tapi sensasinya akan berbeda saat dimakan di sini seolah-olah kita kembali ke masa dulu," katanya.

Dilahan lebih kurang setengah hektar itu, Khairul juga mampu mempekerjakan 15 karyawan. Bahkan di hari libur, Khairul mampu meraup omset Rp 8 juta.

Sedangkan bagi pengunjung yang datang kesini dan ingin makan harus bersabar antri karena jelang siang banyak pengunjung yang berdatangan hanya untuk merasakan makan makanan tempo dulu tersebut.

Bagi masyarakat yang ingin ke lokasi Dangau Pasawangan, pengunjung hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Kota Bukittinggi.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga