Di Tengah Pandemi, UMKM Menjadi Prioritas Perekonomian Indonesia 

Di Tengah Pandemi UMKM Menjadi Prioritas Perekonomian Indonesia  Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo (Foto: dok.gojek)

Covesia.com - Pandemi di Indonesia sampai saat ini masih berlangsung. UMKM saat ini tetap menjadi prioritas untuk roda perekonomian Indonesia agar dapat terus berputar. 

"Saya berharap inovasi dan solusi unggul yang diberikan oleh berbagai platform digital termasuk Gojek dapat membantu UMKM dalam mengadopsi teknologi dan bertransformasi usahanya, dapat secara konsisten dilakukan," ungkap Staf Ahli Menteri Keuangan RI Bidang Pengawasan Pajak, Nufransa Wira Sakti, di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Selain itu, kondisi saat ini mengingatkan kita pentingnya mendorong pelaku UMKM di berbagai sektor menjadi formal, sehingga bagi pengambil kebijakan mudah menentukan strategi penyelamatan dan insentif secara akurat, tepat, dan cepat. 

Sementra itu, CEO Gojek Andre mengatakan Gerakan #MelajuBersama Gojek dan UMKM Indonesia ini saya harapkan hadir menjadi penyempurna seluruh dukungan berbagai inisiatif dan strategi Pemerintah untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dengan semangat gotong royong lintas sektor. 

"Inisiatif #MelajuBersamaGojek ini ditandai dengan diluncurkannya situs web www.melajubersamagojek.com yang dapat diakses oleh seluruh pelaku UMKM nusantara," tambahnya. 

Dalam situs web tersebut, para pelaku UMKM bisa mendapatkan solusi ekosistem Gojek yang paling tepat sesuai dengan bisnis mereka dipandu oleh rangkaian angket sederhana. 

Berbagai ragam solusi inklusif dari hulu ke hilir yang dihadirkan ekosistem Gojek untuk para pelaku UMKM termasuk Selly aplikasi keyboard dan dashboard yang memudahkan UMKM melayani pelanggan. 

Selain itu adapula MidTrans Payment Link sebagai solusi pembayaran paling lengkap untuk usaha online. GoBiz aplikasi lengkap untuk manajemen usaha pelaku UMKM (pesan-antar, pengaturan promosi, pembayaran). 

Moka sebuah aplikasi kasir online dan alat pembayaran nontunai juga hadir. GoSend dan GoBox untuk layanan logistik dan pengiriman cepat, di dalam dan antar-kota. Serta GoPay yang merupakan e-wallet dan e-money nomor satu di Indonesia. 

"Juga ada GoFood aplikasi pesan antar makanan terbesar di Asia Tenggara.  GoShop, layanan belanja online dengan mudah," terangnya. 

Selain solusi teknologi, dukungan Gojek kepada UMKM turut diberikan melalui sederet program pelatihan dan peningkatan kapasitas seperti Gojek Wirausaha, Go-Nusantara, Komunitas Laris Manis GoSend, dan Komunitas Partner GoFood (KompaG).

Inisiatif #MelajuBersamaGojek juga diperkuat dengan semangat gotong royong melalui kolaborasi erat antara Gojek dan berbagai program dan instansi pemerintah. 

Salah satu programnya ialah Bangga Buatan Indonesia (BBI), memperluas akses pelaku pasar tradisional melalui inisiatif Pasar Mitra Tani, serta menjalin kerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) untuk penyaluran pinjaman bunga ringan untuk UMKM. 

(ila/don)

Berita Terkait

Baca Juga