5 Tips Membuat Website Untuk Pemula

5 Tips Membuat Website Untuk Pemula Ilustrasi 5 Tips Membuat Website Untuk Pemula
Covesia.com - Untuk kamu yang masih pemula pasti kamu bingung harus membuat website seperti apa, mulai darimana, beli domain dan cloud hosting murah dimana, serta harus pilih platfrom website mana yang ramah untuk pemula, bukan?.

Melalui artikel ini, kami akan memandu anda dengan 5 tips step-by-step cara membuat website untuk pemula dengan mudah. Hal apa saja sih yang harus kamu persiapkan untuk membuat sebuah website? Penasaran? Yuk disimak ulasannya berikut ini;

1. Tentukan Tujuan Website

Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan website. Kamu harus menentukan ingin membuat website untuk apa, misalnya saja kamu ingin membuat website berita, website edukasi, blog, atau website e-commerce untuk jualan.

2. Menentukan Nama Domain Untuk Website

Kalau kamu sudah menentukan ingin membuat website edukasi yang melibatkan keanggotaan atau membership, dimana setiap anggota yang terdaftar di web milikmu bisa menikmati konten edukasi yang telah kamu sajikan, pastikan kamu punya nama branding domain yang relevan ya, dear.
Kenapa hal ini penting? Karena pengunjung baru bisa mengunjungi website kamu kalau kamu sudah memiliki nama domain. 

Tentunya, kamu nggak bisa sembarangan membuat nama domain, pastikan nama domain website kamu relevan dengan layanan edukasi yang kamu tawarkan.
Misalnya saja kamu ingin membuat website edukasi dengan segmentasi kursus Bahasa Inggris, nah kamu bisa membuat nama domain seperti ini; Englishfast.com, Englishcourse.com, dan nama domain relevan lainnya.

3. Pilih Cloud Hosting Murah Untuk Website

Bingung ya apa itu hosting? Mudahnya, hosting adalah tempat kamu menyimpan semua data; artikel, gambar, dan file-file penting website milikmu. Dengan adanya hosting, kamu bisa menampung banyak pengunjung yang datang ke website. Kamu bisa membelinya di Niagahoster.

Ada banyak pilihan hosting diantaranya share hosting, vps hosting, dan cloud hosting. Saran kami, untuk kamu yang masih pemula, biar websitenya aman dan nggak gampang down, pilih cloud hosting aja. Karena cloud hosting nggak seribet vps hosting yang perlu keahlian tinggi di bidang manajemen server dan nggak gampang down servernya seperti di share hosting. Soalnya Cloud hosting memiliki mekanisme unik yang menyimpan data website kamu di banyak server, kalau ada server yang down, website kamu tetap bisa diakses kok dan nggak bakal kehilangan pengunjung potensial.

4. Pilih Platform Website Terbaik Yang Ramah Pengguna

Berhubung kamu masih pemula, kamu harus memilih platform website terbaik yang ramah untuk pengguna baru seperti kamu. Sekarang platform pembuatan website sudah banyak dan ramah pengguna, diantaranya; wordpress, joomla, drupal, dan masih banyak lagi. Saran kami, ada baiknya kamu memilih platform wordpress.

Untuk membuat website di wordpress cukup mudah kok, banyak panduannya di internet karena memang hamper 80% pengguna website menggunakan platform ini. Jadi, kamu nggak perlu pusing nyari tutorial cara buat website di wordpress, ada banyak soalnya. Dan bagian terpentingnya adalah kaya akan fitur. Kalau kamu udah beli domain dan cloud hosting, tinggal install aja di wordpress, as simple as that.

5. Buat Rencana Terbaik Untuk Mengembangkan Website

Terakhir, tips dari kami yang tak kalah penting adalah buat rencana untuk pengembangan website. Kamu harus tentukan niche / topik web kamu, riset segmentasi pasar sesuai niche web kamu, cari tahu kompetitor, dan buat konten berkualitas serta unik agar website kamu bisa terus tumbuh dan menjadi besar.

(olg)



Berita Terkait

Baca Juga