Google Doodle Hari Ini: Mengenang Hari Lahirnya Ratu Bulutangkis Indonesia Minarni Soedarjanto

Google Doodle Hari Ini Mengenang Hari Lahirnya Ratu Bulutangkis Indonesia Minarni Soedarjanto (Google Doodle, Jumat (10/5/2019)

Covesia.com - Google Doodle hari ini, Jumat (10/5/2019) menampilkan sebuah ilustrasi saat seorang perempuan tengah bermain bulutangkis. Bukan tanpa sebab, ilustrasi tersebut dipasang dalam rangka merayakan ulang tahun, Minarni Soedarjanto yang dikenal sebagai 'ratu semua ratu bulutangkis'.

Untuk kamu yang menyebut diri milenial, nama Minarni Soedarjanto memang asing. Berbeda dengan nama Susi Susanti yang justru begitu familiar.

Namun, nama Minarni Soedarjanto sendiri dalam dunia bulutangkis sudah mencetak banyak prestasi baik Nasional maupun Internasional. Wajar jika dirinya lalu disebut sebagai 'ratu semua ratu bulutangkis'.

Sosok inspiratif ini lahir di Pasuruan, Jawa Timur pada tahun 10 Mei 1944. Minarni Soedarjanto secara tekun menggeluti dunia bulutangkis pada usia 13 tahun.

Prestasi pertama yang ia dapatkan adalah dengan menjuarai Kejuaraan Nasional 1959 di Malang pada usia 15 tahun. Di tahun yang sama, Minarni Soedarjanto dipilih untuk bergabung dengan tim Nasional Indonesia dan bersaing dalam turnamen bulutangkis, Piala Uber.

Minarni Soedarjanto sendiri bergabung membela Indonesia dalam Piala Uber sejak tahun 1963, 1966, 1969, dan tahun-tahun berikutnya.

Salah satu prestasi besar yang berhasil Minarni Soedarjanto cetak adalah dengan menjuarai turnamen tertua olahraga, All England.

Dalam turnamen tersebut, Minarni Soedarjanto bekerja sama dengan Retno Koestijah hingga akhirnya sukses memenangkan gelar All England pertama di Indonesia pada tahun 1968.

Prestasi terus dicetak olehnya, usai meraih kemenangan di AS Terbuka pada tahun 1969 dan Kanada pada tahun yang sama. Berbicara mengenai prestasi Minarni Soedarjanto sepertinya tidak ada habisnya.

Usai menekuni dunia bulutangkis selama 23 tahun, Minarni Soedarjanto memutuskan menjadi pemain dan pelatih sambil mengurus tiga orang anaknya.

Hingga tahun 1975, dirinya masih menolak untuk pensiun dari dunia bulutangkis sebelum akhirnya sukses meraih mimpi dan cita-citanya.

Usai pada akhirnya berhasil mengalahkan tim kuat asal Jepang dan membawa kemenangan untuk Indonesia dalam gelaran Uber Cup, Minarni Soedarjanto lalu menghentikan langkahnya dari dunia bulutangkis.

Karena prestasinya tersebut, Google Doodle hari ini menghadiahi Minarni Soedarjanto dengan ilustrasi menggemaskan yang menunjukan aksinya saat bermain bulutangkis. Selamat ulang tahun, Minarni Soedarjanto!

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga