Berlaku Hari ini, Whatsapp Batasi Jumlah Forward Pesan 5 Kali

Berlaku Hari ini Whatsapp Batasi Jumlah Forward Pesan 5 Kali Ilustrasi

Covesia.com - Cegah peredaran hoaks. WhatsApp keluarkan kebijakan baru membatasi jumlah forward pesan lima kali.

Hal tersebut diungkap langsung VP Public Policy and Communications WhatsApp Victoria Grand .

"Fitur meneruskan pesan akan diseragamkan menjadi lima untuk Indonesia dan global," kata Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Komunikasi WhatsApp, Victoria Grand, kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Pembatasan jumlah forward pesan melalui WhatsApp sebenarnya telah dibahas sejak kuartal ketiga tahun 2018. Adapun beta test fitur itu telah dilakukan sejak dua bulan terakhir.

Fitur pembatasan forward pesan melaui WhatsApp akan mulai berlaku efektif pada tanggal 21 Januari 2019 waktu Los Angeles atau tanggal 22 Januari 2019 Pukul 12.00 Waktu Indonesia Bagian Barat.
 
Menteri Kominfo Rudiantara mengapresiasi langkah WhatsApp untuk mengurangi  penyebaran konten negatif di platform pesan instan itu.

Pembatasan ini tidak hanya berlaku di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Kebijakan tersebut diambil sebagai upaya WhatsApp untuk mengurangi viralnya hoax atau berita bohong yang ada di platformnya.

WhatsApp sendiri mengaku telah melakukan uji coba fitur pembatasan pesan yang diforward pada Juli-Agustus tahun lalu di seluruh dunia termasuk Indonesia.

(Olg)

Berita Terkait

Baca Juga