World Wide Web, dan Kemunculannya 27 Tahun Lalu

World Wide Web dan Kemunculannya 27 Tahun Lalu Tim Berners Lee. Sumber: youtube

Covesia.com - World Wide Web, disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut pengidentifikasi sumber seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

WWW merupakan kumpulan peladen web (server) dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

Istilah WWW pertamakali ditemukan oleh Tim Berners-Lee, pada tahun 1991. Pada perkembangannya, World Wide Web telah melewati sejarah yang cukup panjang hingga saat ini.

  • Tahun 1989; Tim Berners Lee pertama kali mengungkapkan idenya membuat sebuah protokol di internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi.
  • Tahun 1990: Tim Berners Lee menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis website, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  • Tahun 1991: Tim Berners Lee menemukan World Wide Web (WWW) yang berawal dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya.
  • Tahun 1993: Marc Andersen dan timnya dari NCSA menciptakan web browser yang diberi nama Mosaic dan berbasis grafik untuk OS X-Windows.
  • Tahun 1994: Andersen bekerjasama dengan Jim Clark membuat Netscape yang kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai web browser.
  • Tahun 1995: Ada sekitar 300.000 website di internet dimana pada tahun sebelumnya hanya 50 website.
  • Tahun 2009: Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Foundation, dimana tujuannya adalah untuk membagikan open web kepada masyarakat dunia.

Beberapa ahli mendefinisikan WWW sebagai berikut;

  1. MCLeod (Pearson); WWW adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana berbagai dokumen hypermedia/ file-file komputer disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
  2. V. Djong; WWW adalah fasilitas di internet untuk layanan website yang menggunakan protocol http, sering kita lihat sebuah nama domain ditulis secara lengkap, misalnya www.google.co.id.
  3. Akbar Kaelola; WWW adalah media bagi manusia dalam kegiatan berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa di internet.
  4. Lisa Kuswayatno; WWW adalah suatu layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling berkaitan.
  5. Yuhefizar; WWW adalah metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses melalui sebuah paladen/ browser.
  6. F. Budi Hardiman WWW adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.

WWW berfungsi untuk menyediakan data dan informasi apapun dan dari manapun agar dapat diakses orang lain dari seluruh bagian dunia. Dengan adanya WWW di internet dapat memberikan kemudahan dan kecanggihan pengguna internet secara lebih cepat dan mudah.

WWW memungkinkan pengguna untuk berselancar dengan mudah hanya melalui sebuah alamat URL atau link. Untuk mengakses WWW perlu menggunakan koneksi internet.

Secara umum, ada empat layanan dan manfaat World Wide Web, diantaranya adalah:

  1. Web Mail Service. Web mail service digunakan untuk mengirimkan surat elektronik kepada orang lain. Layanan ini bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar. Layanan email gratis misalnya dari Gmail.com, Yahoo.com, dan hotmail.com. Sedangkan email berbayar ini biasanya untuk keperluan perusahaan dengan menggunakan domain sendiri.
  2. Search Engine. Search engine atau mesin pencari merupakan layanan gratis untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Search engine yang cukup populer saat ini adalah Google, dan Bing.
  3. Web Hosting. Ini adalah tempat untuk menyimpan data base sebuah website. Sebuah website hanya bisa diakses jika domain website tersebut terhubung dengan web hosting tempat menyimpan data base (baca: pengertian database).
  4. Portal. Portal merupakan sebuah layanan di internet di mana terdapat beberapa layanan sekaligus, misalnya email, news, chatting, tanya jawab. 

Sumber: wikipedia/ maxmanroe.com 

Berita Terkait

Baca Juga