Twitter Hapus Sejumlah Akun Penyebar Hoaks Jelang Pemilu AS

Twitter Hapus Sejumlah Akun Penyebar Hoaks Jelang Pemilu AS Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Twitter mengatakan bahwa mereka telah menghapus "sejumlah akun" yang berusaha menyebarkan informasi palsu, Sabtu (3/11/2018), menjelang pemilihan paruh waktu di Amerika Serikat (AS). Sejumlah laporan media mengatakan bahwa ribuan akun telah dihapus.

Twitter "menghapus sejumlah akun karena terlibat dalam upaya menyebarkan informasi palsu dalam mode otomatis - sebuah pelanggaran terhadap kebijakan kami," kata perusahaan media sosial tersebut tanpa merilis jumlah pastinya.

Twitter mengatakan telah membentuk "jalur komunikasi terbuka" untuk para pejabat komisi pemilu, tim kampanye Partai Republik dan Demokrat, dan Kementerian Keamanan Dalam Negeri.

Laporan media mengatakan banyak dari akun tersebut menyamar sebagai kader Demokrat, mengunggah cuitan agar para pemilih AS tidak memberikan suaranya pada Selasa.

CNN mengatakan bahwa Komite Kampanye Kongres Partai Demokrat telah memperingatkan Twitter mengenai akun-akun itu, yang dihapus pada akhir September dan awal Oktober.

Selama berbulan-bulan, Twitter berusaha mmenghapus akun otomatis dan palsu yang dibuat untuk memanipulasi percakapan publik di platform tersebut, sebagai respons terhadap kekhawatiran atas campur tangan Rusia dalam pemilu 2016.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga