Alibaba Tunjuk Daniel Zhang Gantikan Jack Ma

Alibaba Tunjuk Daniel Zhang Gantikan Jack Ma Daniel Zhang (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Alibaba Group Holding Limited Today mengumumkan bahwa setahun dari sekarang yakni 10 September 2019, CEO Daniel Zhang akan menggantikan Jack Ma sebagai chairman Alibaba Group.

Dalam keterangan persnya pada Senin, Ma akan tetap menjabat sebagai pimpinan perusahaan tersebut selama 12 bulan mendatang guna menjamin transisi kepemimpinan berjalan mulus kepada Zhang.

Tokoh ecommerce asal China yang hadir dalam penutupan Asian Games 2018 itu akan merampungkan jabatannya saat ini sebagai pimpinan direksi Alibaba Group hingga rapat umum pemegang saham tahunan pada 2020.

Ma sendiri menyambut baik kabar mengenai calon penggantinya itu melalui sebuah surat yang disertakan dalam keterangan pers yang dilansir alizila.com.

"Saya senang untuk membagikan beberapa kabar kepada Anda: dengan persetujuan direksi kami, setahun mulai sekarang tepatnya 10 September 2019 yang juga bertepatan dengan perayaan 20 tahun Alibaba, CEO Daniel Zhang akan menggantikan saya sebagai pimpinan direksi Alibaba Group. Kendati tetap menjabat ebagai pimpinan eksekutif selama 12 mendatang, saya akan bekerjasama lebih erat dengan Daniel guna memastikan transisi berjalan lancar dan sukses. Maka dari itu, saya akan tetap menjabat dalam dewan direksi Alibaba hingga rapat umum pemegang saham kami pada 2020," tulis Jack Ma.

Ma lebih lanjut menjelaskan bahwa transisi ini menunjukkan Alibaba telah meningkat  ke level tata kelola korporasi berikutnya dari perusahaan yang bergantung pada satu individu, menjadi korporasi yang dibangun berdasarkan sistem organisasional yang sempurna dan budaya pengembangan pegawai.

"Kami pernah mempertimbangkan hal ini 10 tahun lalu - bagaimana Alibaba bisa mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan setelah ditinggal pergi Jack Ma? Kami yakin satu-satunya cara untuk menyelesaikan suksesi kepemimpinan perusahaan tersebut adalah untuk membangun sistem pengelolaan berdasarkan budaya yang unik dan mekanisme untuk mengembangkan pegawai dan penerus yang konsisten. Selama 10 tahun terakhir, kami mengerjakan formula ini," ungkap Jack Ma dalam suratnya tersebut.

(ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga