Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional

Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional (Foto: Google)

Covesia.com - Hari ini, Google Doodle merayakan Hari Perempuan Internasional. Dalam laman pencarian utamanya, Google menampilkan 12 karya seniman wanita dunia untuk merayakan Hari Perempuan Internasioanl 2018 kali ini.

Ke-12 seniman wanita tersebut datang dari latar belakang dan kisah berbeda. Selusin cerita yang menarik perhatian itu dapat kamu lihat dengan mengklik tombol play di bagian tengah Doodle. Google mengatakan setiap cerita mewakili momen, orang, atau peristiwa yang telah mempengaruhi kehidupan mereka sebagai wanita.

Covesia.com kutip dari laman Wikipedia, Hari Perempuan Internasional (International Women's Day) ini pertama kalinya dirayakan pada tanggal 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika Serikat.

Demonstrasi pada tanggal 8 Maret 1917 yang dilakukan oleh para perempuan di Petrograd memicu terjadinya Revolusi Rusia.

Hari Perempuan Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada tahun 1917, dan dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis.

Pada tahun 1977, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Nah, Perayaan Hari Perempuan Internasional kali ini menyatukan pemerintah global, organisasi wanita, bisnis, dan badan amal. Dimeriahkan juga dengan bincang-bincang, pertunjukan, demonstrasi, networking, dan pawai.

Dengan skandal yang terjadi baru-baru ini di industri Hollywood dan World Economic Forums' Global Gender Gap Report, menunjukkan butuh 217 tahun untuk menutup kesenjangan gender.


Berikut daftar lengkap nama seniman wanita yang terlibat dalam proyek Google Doodle kali ini:

  1. Anna Haifisch - “Nov 1989”
  2. Chihiro Takeuchi - “Ages and Stages”
  3. Estelí Meza - “My Aunt Blossoms”
  4. Francesca Sanna - “The Box”
  5. Isuri - “Aarthi the Amazing”
  6. Karabo Poppy Moletsane - “Ntsoaki’s Victory”
  7. Kaveri Gopalakrishnan - “Up on the Roof”
  8. Laerte - “Love”
  9. Philippa Rice - “Trust”
  10. Saffa Khan - “Homeland”
  11. Tillie Walden - “Minutes”
  12. Tunalaya Dunn - “Inwards”

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga