Cara Cek Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Cara Cek Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK ilustrasi foto: Selular.id
Covesia.com - Ada banyak situs atau aplikasi pinjaman online yang saat ini beredar di masyarakat. Namun, tidak semua situs atau aplikasi pinjaman online tersebut terdaftar di OJK. Maka dari itu, masyarakat dihimbau untuk lebih selektif dan hati-hati dalam memilih situs atau aplikasi pinjaman online. 

Pinjaman online OJK sangat direkomendasikan untuk dipilih jika membutuhkan pinjaman dana dalam waktu yang cepat. Alasannya karena lebih aman dan terpercaya. Sebelum memutuskan memilih pinjaman online tertentu sebaiknya cek pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengeceknya.
 
Mengapa Pinjaman Online Harus Terdaftar di OJK?



Meminjam ke penyedia jasa pinjaman online yang terdaftar di OJK akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi Anda. Jangan mencoba meminjam ke penyedia jasa pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, karena akan menyulitkan Anda di kemudian hari.
 
Dana pinjaman yang diterima tidak sesuai karena adanya potongan di muka. Bunga yang besar dan mencekik serta waktu pengembalian yang relatif singkat akan menyulitkan Anda. Selain itu, Anda akan memperoleh ancaman atau teror apabila pengembalian atau pembayaran cicilan telat.

Jangan terjebak iming-iming manis di awal, karena beberapa hal di atas pasti akan sangat memberatkan Anda. Bukanya tertolong dengan adanya pinjaman online ini, Anda justru akan merasa rugi dibelakang.

Cara Cek Pinjaman Online di OJK

Agar tidak rugi di kemudian hari, sebelum memutuskan Anda perlu mengecek keberadaan pinjaman online di OJK terlebih dahulu. OJK atau Otoritas Jasa Keuangan merupakan lembaga independen yang melakukan pengaturan, pengawasan sampai penyelidikan terhadap semua kegiatan di sektor jasa keuangan termasuk pinjaman online. Berikut cara cek pinjaman online OJK.
 
1. Melalui Menu Publikasi di Situs Resmi OJK



Untuk mengecek daftar penyedia jasa pinjaman online di OJK, Anda hanya perlu mengakses situs resminya di www.ojk.go.id. Setelah masuk ke halaman utama, pilih menu Publik, lalu pilih ikon garis empat horizontal yang ada di sebelah tanda Menu. Muncul beberapa opsi menu, cari dan pilih Berita dan Kegiatan, kemudian pilih menu Publikasi. Setelah masuk ke halaman publikasi, Anda perlu mencari publikasi berjudul Penyelenggara Fintech Terdaftar dan Berizin di OJK. Di sini biasanya ada versi terupdate.
 
Contoh saat ini penyedia jasa pinjaman online yang terdaftar per tanggal 19 Februari 2020 sebanyak 161. Anda bisa melihat langsung daftarnya di halaman tersebut atau mendownload daftar dalam format PDF.

2. Melalui Kontak OJK



Selain menu publikasi yang ada di situs resmi OJK, Anda juga dapat melakukan cek legalitas pinjaman online melalui kontak OJK. Anda bisa menghubungi OJK dan menanyakan langsung tentang legalitas pinjaman online tersebut melalui telepon di (021) 2960 0000 atau kirim surat elektronik melalui email di konsumen@ojk.go.id dan waspadainvestasi@ojk.go.id.
  
Anda juga dapat mengirim surat atau datang langsung ke ke kantor OJK yang ada di Menara Radius Prawiro, Lantai 2, Kompleks Perkantoran Bank Indonesia yang ada di Jalan MH. Thamrin No. 2 Jakarta Pusat. Bagi yang ada di luar DKI Jakarta, Anda dapat datang ke kantor cabang OJK yang ada di wilayah tersebut.

Salah satu aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK adalah Tunaiku. Aplikasi ini sekarang sudah menjadi aplikasi pinjaman online terbaik. Banyak kemudahan yang bisa didapatkan jika mengajukan pinjaman online di Tunaiku. Jumlah plafon pinjaman yang ditawarkan oleh Tunaiku juga terbilang besar yaitu hingga 20 juta rupiah.

Pinjaman dana yang diperoleh tidak akan memberatkan Anda dalam mengembalikannya. Hal ini dikarenakan tenornya mulai 6 bulan hingga 20 bulan. sedangkan untuk suku bunganya yaitu flat 3% per bulan.  Dengan berbagai kemudahan ini, tidak heran jika Tunaiku sangat direkomendasikan untuk digunakan.

(ppl)

Berita Terkait

Baca Juga