Lin Dan Gantung Raket

Lin Dan Gantung Raket Lin Dan. Foto: Antara

Covesia.com - Juara Olimpiade dua kali asal China, Lin Dan, mengumumkan pensiun pada Sabtu (4/7/2020). Salah satu legenda bulu tangkis dunia yang memenangkan gelar tunggal putra di Olimpiade Beijing pada 2008 dan Olimpiade London 2012, telah meraih semua gelar turnamen utama bulu tangkis, termasuk lima medali emas kejuaraan dunia.

"Saya telah mendedikasikan segalanya untuk olahraga yang saya sukai. Keluarga saya, pelatih, rekan setim dan penggemar telah menemani saya melalui banyak masa bahagia dan saat-saat sulit," media China mengutip pernyataan pebulu tangkis berusia 37 tahun itu. 

"Sekarang saya berusia 37 tahun, dan kebugaran fisik serta rasa sakit saya rasakan tidak lagi memungkinkan saya untuk bertanding berdampingan dengan teman satu tim saya," demikian Lin.

Kejuaraan bergengsi lainnya yang ia menangi antara lain lima medali emas kejuaraan dunia antara 2006 dan 2013, serta enam gelar All England.

Pemain kidal ini juga mempersembahkan enam medali emas di tim putra Piala Thomas dan lima gelar di nomor campuran Piala Sudirman. Tak hanya itu, tiga medali emas di nomor tim dan dua gelar di nomor tunggal Asian Games.

"Sejak tahun 2000 hingga 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal pada timnas. Ini hal yang sangat sulit untuk saya katakan," kata Lin Dan.

Sumber: Antara/Reuters

Berita Terkait

Baca Juga

`