Dispora Papua Klaim Wisma Atlet PON 2020 Setara Hotel Bintang 3

Dispora Papua Klaim Wisma Atlet PON 2020 Setara Hotel Bintang 3 Foto: Instagram @stadionpapuabangkit

Covesia.com - Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Papua, Alexander K.Y Kapisa, mengklaim kualitas wisma atlet untuk peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 setara dengan hotel bintang 3. Saat ini, sudah ada dua tower yang siap untuk digunakan.

PON XX 2020 dimulai sembilan bulan lagi. Seiring semakin pendeknya persiapan, panitia penyelenggara terus menggeber persiapan baik dari sisi penyelenggaraan maupun kesiapan venue pertandingan dan nonpertandingan, khususnya wisma atlet.

Dari perhitungan saat ini, PON akan menjamu sekitar 12.200 atlet dan ofisial dari 33 kontingen provinsi. Mereka bakal mengandalkan dua tower yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui program reguler mereka. Lokasinya berada di sport centre Doyo Baru, Waibu, Papua.

"Rencananya akan ditambah dua tower lagi di Kampung Harapan. Masing-masing tower terdiri dari 200-an unit," kata Kapisa di Kantor Kemenpora, Senayan, Selasa (21/1/2020).

Selain menyiapkan kamar di wisma atlet, tuan rumah menyediakan sejumlah hotel untuk sebagai tempat tinggal. Kapasitasnya diperkirakan bisa menampung 60 persen dari jumlah itu, termasuk perangkat pendukung pertandingan juga sudah dihitung.

"Sisanya bisa di balai-balai atau diklat yang memang dioptimalisasikan untuk digunakan, dengan standar pelayanannya hotel bintang 3. Jadi jangan khawatir untuk akomodasi. Kami akan dibantu pihak-pihak yang kemarin membantu dalam Asian Games," dia menerangkan.

Sementara itu, untuk kesiapan venue pertandingan, pria yang juga menjabat sebagai ketua Badan Penghubung Provinsi Papua, ini menjelaskan hampir 90 persen arena pertandingan yang diakomodasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sudah jadi.

"Saat ini tinggal finishing saja. Jadi ada sekitar 11 venue, 6 sudah selesai, lima lainnya dalam proses. Kami harapkan Maret nanti selesai. Sementara untuk venue yang diakomodasi APBN selesainya Juli," ujar dia.

(Sumber: detik.com)

Berita Terkait

Baca Juga

`