PSSI Umumkan Susunan Pelatih Timnas Indonesia, Tak Ada Nama Fakhri Husaini

PSSI Umumkan Susunan Pelatih Timnas Indonesia Tak Ada Nama Fakhri Husaini (Dok: PSSI)

Covesia.com - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi mengumumkan susunan pelatih Timnas Indonesia dari level senior hingga U-16. Komposisi pelatih diisi juru taktik lokal dan Korea Selatan.

Manajer pelatih anyar tim nasional, Shin Tae-yong, menggelar rapat dengan PSSI di kantor PSSI, Kamis (9/1/2020). Pada pertemuan tersebut, dibahas soal pematangan struktur tim kepelatihan Timnas Indonesia.

Setelah rapat tersebut, diumumkan nama-nama yang bakal memimpin tim nasional dari tingkat U-16 hingga timnas senior. Shin dan para asistennya dari Korea Selatan bakal berkolaborasi dengan pelatih-pelatih nasional yang ditunjuk PSSI.

Namun tidak ada nama mantan pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini dari komposisi pelatih yang diumumkan PSSI itu.

Sebelumnya sempat terjadi ketenggangan antara Fakhri dan jajaran PSSI, pelatih asal Aceh tersebut kecewa pada PSSI dan menolak ditempatkan sebagai asisten pelatih. Fakhri beralasan karena PSSI tidak dapat menjelaskan alasan yang tepat mengapa ditujuk sebagai asisten pelatih.

Baca juga: Fakhri Husaini Ungkap Kekecewaanya pada PSSI

Indra Sjafri ditunjuk PSSI sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Senior sekaligus menjadi pelatih kepala di Timnas U-23, sedangkan pelatih Korea Selatan Gong Oh Kyun menukangi Timnas U-19 mengganti Fakhri Husaini, sementara Bima Sakti tetap menjadi pelatih Timnas U-16.

Berikut "Timnas senior dipimpin langsung Shin Tae-yong, dibantu Indra Sjafri dan Kim Hae Woon (pelatih kiper). Sementara di Timnas U-23 akan dipimpin Indra Sjafri bersama Kim Woo Jae," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dilansir dari laman resmi PSSI, Jumat (10/1/2020).

"Untuk U-19, PSSI mempercayakan kepada Gong Oh Kyun dan Nova Arianto. Untuk Timnas U-16 dipimpin Bima Sakti. Adapun pelatih fisik Lee Jaehong," Iriawan menambahkan.

Iriawan berharap kolaborasi di antara pelatih lokal dan Korea Selatan ini bisa berjalan dengan baik. Menurutnya, semua pelatih telah berkomitmen bekerja penuh demi tim nasional.

"Semua pelatih dan stafnya sudah berkomitmen untuk bekerja secara penuh di kantor PSSI. Dengan demikian koordinasi, komunikasi, dan diskusi bisa dilakukan secara efektif," ujarnya.

Susunan tim pelatih Timnas Indonesia

Timnas Senior

  • Shin Tae-yong (pelatih kepala), Indra Sjafri (asisten pelatih), Kim Hae Woon (pelatih kiper), Lee Jaehong (pelatih fisik)

Timnas U-23

  • Indra Sjafri (pelatih kepala), Kim Woo Jae

Timnas U-19

  • Gong Oh Kyun, Nova Arianto

Timnas U-16

  • Bima Sakti, Markus Horison

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga

`