Tim Nasional U-22 Indonesia Tumbang Ditangan Vietnam 2-1

Tim Nasional U22 Indonesia Tumbang Ditangan Vietnam 21 Tim nasional U-22 Indonesia (Antara)

Covesia.com - Tim nasional U-22 Indonesia kalah dari 1-2 dari Vietnam dalam lanjutan Grup B SEA Games 2019 yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu, setelah kebobolan di menit ke-90+1.

Indonesia sejatinya unggul terlebih dahulu dalam laga tersebut melalui gol Sani Rizki di menit ke-23 melalui Sani RIzki. Vietnam membalas di menit ke-64 berkat gol Nguyen Thanh Chung dan akhirnya menang usai Nguyen Hoang Duc melesakkan gol di menit ke-90+1.

Satu poin dari pertandingan itu membuat Indonesia berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup B dengan enam poin dari tiga laga. Vietnam kokoh di posisi satu dengan sembilan poin dari tiga pertandingan dan Thailand, yang berpoin sama dengan Indonesia tetapi unggul selisih gol, bertengger di peringkat kedua.

Dalam laga kontra Vietnam, pelatih timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri menurunkan sejak awal beberapa pemain yang di dua laga sebelumnya kontra Thailand dan Singapura dibangkucadangkan yaitu Irkham Mila, Sani Rizki, Alekvan Djin dan Rachmat Irianto.

Tidak ada nama-nama seperti Evan Dimas, Egy Maulana dan Syahrian Abimanyu yang kerap masuk dalam ‘starting eleven’. Sementara Firza Andika serta Muhammad Rafli tidak dimasukkan dalam daftar pemain kontra Vietnam karena cedera.

Dengan komposisi skuat seperti itu, tim ‘Garuda’ mampu meladeni permainan taktis dan cepat ala Vietnam. Kedua tim tampil disiplin yang membuat bola sulit masuk ke wilayah pertahanan masing-masing.

Namun, Indonesia berhasil memecah kebuntuan di menit ke-23. Umpan silang Asnawi Mangkualam Bahar salah diantisipasi kiper Vietnam Bui Tien Dung yang membuat bola memantul keluar dan langsung disambar oleh Sani. Sundulan Sani membuat gol masuk ke gawang Vietnam dan Indonesia memimpin 1-0.

Setelah itu, Vietnam mencoba untuk menghadirkan gol setidak-tidaknya demi menyamakan kedudukan. Akan tetapi, anak-anak asuh pelatih Park Hang Seo tetap kesulitan merangsek ke kotak penalti Indonesia.

Satu-satunya peluang berbahaya dari Vietnam di paruh pertama laga datang pada menit ke-37 saat tendangan dari luar kotak penalti Nguyen Trong Hoang harus ditepis dengan susah payah oleh penjaga gawang Indoensia Nadeo Argawinata.

Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, Vietnam memasukkan pencetak gol terbanyak sementara sepak bola SEA Games 2019 Ha Duc Chinh. Masuknya Duc Chinh membuat warna permainan Vietnam berubah.

Mereka menguasai pertandingan dan tidak membiarkan performa Indonesia berkembang.

Hasilnya, Vietnam mampu melesakkan gol melalui sundulan Nguyen Thanh Chung, memanfaatkan umpan tendangan sudut Do Hung Dung di menit ke-64.

Terus mengurung Indonesia, Vietnam akhirnya mengunci kemenangan berkat gol Nguyen Hoang Duc di menit ke-90+1 melalui tendangan dari luar kotak penalti.

Tidak ada gol lain yang tercipta setelahnya. Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga