118 Pelari Ambil Bagian dalam Minang Geopark Run 2019 di Agam

118 Pelari Ambil Bagian dalam Minang Geopark Run 2019 di Agam Para peserta Minang Geopark Run 2019, saat sebelum Star di halaman kantor Bupati Agam, Sabtu (30/11/2019)(Foto: Johanes)

Covesia.com - sebanyak 118 pelari ambil bagian dalam event Minang Geopark Run tahun 2019 yang digelar di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (30/11/2019).

Para pelari ini akan menempuh jarak sekitar 65 Km, dimulai dari depan Kantor Bupati Agam yang dilepas langsung oleh Bupati Agam Indra Catri dan finish di tabiang takuruang kecamatan IV Koto.

Bupati Agam, Indra Catri mengatakan, pada event  Minang Geopark Run, para pelari akan menghadapi rintangan yang cukup menantang, baik berupa tingkat kesulitan track lari, serta jarak tempuh yang cukup panjang.

Meski demikian lanjutnya, selama menempuh perjalanan, para pelari ini akan  disuguhkan pemandangan yang indah berupa Danau Maninjau, serta melintasi beberapa lokasi wisata di Agam seperti Objek Wisata Linggai di Danau Maninjau, kelok 44, Lawang Park dan finish di Tabiang Takuruang di Ngarai Sianok. "Minang Geopark Run kali ini, ada dua landscape yakni, danau dan gunung, nantinya para pelari juga akan melintasi beberapa kawasan wisata," ujarnya usai pelepasan atlet.

Dikatakan Indra Catri, untuk besok dilanjutkan dengan Explore Minang Geopark Run dilaksanakan untuk 5 k (fun run), 10 k (kompetisi) dan 21 k (kompetisi, internasional, umum, master) yang di gelar di Jam Gadang Bukittinggi.

Sementara itu ketua panitia Minang Geopark Run, Yv Tri Saputra menjelaskan, Minang Geopark Run ini merupakan event tahunan yang kerjasama dengan  Institut Teknologi Bandung, Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia dan Dinas Pariwisata Sumatera Barat.

Tujuan dari  kegiatan ini adalah untuk mempromosikan dan memperkenalkan potensi wisata serta keindahan alam geopark yang ada di Sumatera Barat, "Kita berharap seluruh peserta selamat sampai tujuan, serta membawa kenangan yang indah dan mempromosikan Agam  sebagai destinasi “sport tourism” yang luar biasa,” tuturnya.

(han/don)


Berita Terkait

Baca Juga