Lumat Dortmund 3-1, Barcelona Melenggang ke Babak 16 Besar Liga Champions

Lumat Dortmund 31 Barcelona Melenggang ke Babak 16 Besar Liga Champions Luis Suarez (Dok: Barca)

Covesia.com - Barcelona melenggang ke babak 16 besar Liga Champions seusai melumat Borussia Dortmund 3-1 di Nou Camp, Spanyol, Rabu setempat (Kamis WIB), ketika Inter Milan menang di laga lain demi menjaga peluang untuk menyusul lolos dari Grup F.

Trio penyerang Luis Suarez, Lionel Messi dan Antoine Griezmann masing-masing menyumbangkan satu gol untuk kemenangan Barcelona, ketika Dortmund hanya bisa membalas lewat Jadon Sancho, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dortmund sebetulnya lebih dulu mengancam gawang tuan rumah lewat umpan silang Achraf Hakimi yang berusaha diselesaikan Nico Schulz, namun kiper Marc-Andre ter Stegen sigap menghalau datangnya bola.

Sebaliknya, pada menit ke-21 Barcelona mendapati gol Suarez dianulir karena penyerang Uruguay itu terlanjur berada dalam posisi offside kala Messi melepaskan umpan terukurnya.

Namun, delapan menit kemudian Suarez betul-betul mencetak gol dengan menyelesaikan umpan Messi ke sudut kiri bawah gawang.

Keunggulan Barcelona cepat digandakan pada menit ke-33 berawal dari blunder salah umpan Mats Hummels. Bola dikirimkan Frenkie de Jong kepada Messi yang melakukan umpan satu dua dengan Suarez sebelum memperdaya kiper Roman Buerki.

Pada menit ke-67 giliran Griezmann mencetak gol untuk Barcelona, sekaligus gol perdananya bersama Blaugranas di Liga Champions, memanfaatkan umpan terobosan Messi.

Sancho mencetak gol indah pada menit ke-77 untuk Dortmund, namun itu hanya memperkecil kekalahan tim tamu 1-3.

Hasil itu memastikan langkah Messi dkk ke babak 16 besar, sebab mereka kini mengumpulkan 11 poin dan mengunci posisi puncak klasemen akhir Grup F.

Inter gusur Dortmund

Sedangkan, kekalahan Dortmund kian diperburuk hasil laga lain yang dimenangi Inter dengan skor 3-1 dalam lawatan ke markas Slavia Praha.

Inter menggusur Dortmund dari posisi kedua sembari menjaga peluangnya untuk bisa mendampingi Barcelona lolos ke babak 16 besar.

Lautaro Martinez mengemas dwigol dalam kemenangan Inter tersebut dilengkapi satu gol Romelu Lukaku. Lukaku sebetulnya tiga kali menceploskan bola ke gawang tuan rumah, namun hanya satu yang sah sebab dua lainnya dianulir oleh VAR.

Slavia cuma bisa membalas sekali lewat eksekusi penalti Tomas Soucek.

Inter kini menempati posisi kedua klasemen dengan koleksi tujuh poin, menyamai raihan Dortmund dan unggul catatan pertemuan berupa gol tandang atas wakil Jerman itu.

Meski saat ini Inter duduk di posisi kedua, namun peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar mendapat ujian berat sebab harus menjamu Barcelona di laga pemungkas dua pekan mendatang.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga