Gantikan Lorenzo, ini Sejumlah Fakta Alex Marquez Rider Baru Repsol Honda

Gantikan Lorenzo ini Sejumlah Fakta Alex Marquez Rider Baru Repsol Honda Alex Marquez. Sumber foto: crash.net

Covesia.com - Alex Marquez resmi menjadi pebalap baru Repsol Honda untuk MotoGP 2020. Berikut adalah data dan fakta adik Marc Marquez itu dalam angka-angka.

Alex Marquez resmi ditunjuk Repsol Honda mengisi slot pebalap untuk musim depan, menggantikan Jorge Lorenzo. Rider Spanyol itu sebelumnya mengumumkan pensiun di akhir musim ini.

Naik kelas ke MotoGP, Alex akan setim dengan sang kakak, Marc. Alex mau tak mau akan menghadapi ekspektasi besar dari sebagian penggemar MotoGP, mengingat sang kakak langsung melejit di musim perdananya di kelas primer.

Berikut adalah data dan fakta Alex Marquez seperti dilansir MotoGP

(1) - Alex Marquez menjadi pebalap pertama yang memenangi gelar juara dunia Moto2 setelah menjadi juara dunia Moto3.

(5) - Alex Marquez adalah pebalap Spanyol Spanyol kelima yang memenangi titel Moto2 setelah Toni Elias, kakaknya yakni Marc Marquez, Pol Espargaro, dan Tito Rabat.

(8) - Alex Marquez adalah pebalap Spanyol kedelapan yang memenangi kategori intermediate. Gelarnya juga adalah yang ke-11 di kelas tersebut dari pebalap Spanyol dan yang ke-52 di ajang Grand Prix.

(4) - Alex Marquez berada di posisi keempat dalam daftar pebalap Spanyol dengan kemenangan terbanyak (8 kemenangan) di kelas tersebut, di belakang Marc (16), Tito Rabat (13), dan Pol Espargaro (10).

(10) - Alex Marquez telah berdiri di podium sebanyak 10 kali sepanjang musim ini dan total 23 kali di kelas Moto2, menyamai Pol Espargaro, yang berada di posisi lima dalam daftar pebalap dengan podium terbanyak di kelas tersebut. Jumlah itu dua lebih sedikit dari milik Marc Marquez.

(38) - Jumlah total finis podium yang diraih Alex Marquez. 15 di Moto3 dan 23 di Moto2.

(12) - Jumlah balapan yang dimenanginya di Moto3 dan Moto2.

(15) - Jumlah posisi pole yang diraih Alex Marquez di Moto3 (3) dan Moto2 (12).

(17) - Alex Marquez mencatatkan total 17 waktu putaran tercepat, tujuh di antaranya di Moto3 dan 10 sisanya di Moto2.

(8) - Sebanyak delapan musim sudah dilalui Alex Marquez di kejuaraan dunia, tiga di Moto3 dan lima di Moto2.

(detikcom)

Berita Terkait

Baca Juga