Masyarakat Pesisir Selatan Antusias Saksikan Tour de Singkarak 2019

Masyarakat Pesisir Selatan Antusias Saksikan Tour de Singkarak 2019 Pebalap Tour de Singkarak saat melintas kabupaten Pesisir Selatan, pada etape VIII, Sabtu (9/11/2019)(Foto: Covesia/ Indrayen)

Covesia.com - Pertama kali menjadi lintasan pebalap Tour de Singkarak (TdS), Masyarakat di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, serbu jalan lintas Bengkulu-Painan, untuk menyaksikan pebalap TdS melintas di daerah itu, pada Sabtu (9/11/2019).

Diketahui, etape VIII yang digelar hari ini Sabtu, yakni lintas provinsi dari Sungai Penuh, Jambi menuju Pesisir Selatan, dengan panjang lintasan 212,9 kilometer.

Pantauan Covesia.com di lapangan tepatnya di jalan lintas Taratak-Surantih Kecamatan Sutera, masyarakat di daerah setempat padati pinggiran jalan yang dilintasi oleh pebalap TdS.

Dimana, masyarakat mulai ramai berdatangan untuk menyaksikan pebalap TdS lewat dari satu jam sebelum mendapat informasi dari pihak kepolisian yang mengamankan jalan lintas tersebut.

"Saya datang bersama rombongan keluarga dan anak saya dari pukul 12.30 WIB tadi, untuk menyaksikan pebalap lewat, dan sekarang sudah satu jam lebih saya disini. Tapi belum juga lewat," ungkap Eli Marlinda (50) yang sedang menunggu pebalap TdS lewat pada Covesia.com.

Menurutnya, dirinya bersama keluarganya tidak mau ketinggalan untuk menyaksikan pebalap TdS yang diikuti oleh negara-negara luar.

Karena katanya, jarang-jarang bisa menyaksikan balap sepeda di daerahnya. Apalagi TdS ini adalah kejuaran besar yang sebelumnya, hanya bisa disaksikan lewat televisi.

"Kami sangat penasaran untuk bisa menyaksikan pebalap-pebalap dunia dalam TdS kali ini. Sebab, jalan lintas di kampung kami ini, pertamakali menjadi lintasan TdS yang sebelumnya, hanya lewat di jalan Painan-Padang saja," ujarnya.

Selaras dengan Eli, seorang pemuda Andi (28) yang juga sedang menunggu pebalap TdS lewat di daerah tersebut mengatakan, sangat penasaran dengan balap sepeda TdS yang dihadiri oleh atlet-atlet manca negara.

Meskipun kata Andi, dirinya tahun lalu sudah pernah menyaksikan balap sepeda TdS lewat. Tapi itu tidak di daerah sini. 

"Dulu saya sudah pernah menyaksikannya. Tapi itu kebetulan jalan ditutup dan hanya menyaksikan sebentar saja. Kali ini saya tidak mau ketinggalan," katanya pada Covesia.com.

Lanjutnya dikatakan, dengan dilalui oleh pebalap TdS dan menjadi lintasan etape VIII dari Sungai Penuh Kerinci menuju Pesisir Selatan ini. 

Masyarakat di sepanjang Pesisir Selatan, bisa menyaksikan ivent besar seperti TdS yang selama ini sudah sering diadakan di Sumatera Barat.

"Ya, dengan adanya etape VIII dari Sungai Penuh Kerinci menuju Painan, kita sepanjang Pessel bisa menyaksikan TdS. Karena sebelumnya, lintasan TdS hanya dari Painan-Padang saja, dan masyarakat Pessel yang bisa menyaksikannya, mulai dari Painan sampai Padang saja," pungkasnya.

Kotributor: Indrayen Putra



Berita Terkait

Baca Juga