Menakar Peluang Timnas U-19 Indonesia Lolos Kualifikasi Piala AFC 2020

Menakar Peluang Timnas U19 Indonesia Lolos Kualifikasi Piala AFC 2020 (Dok: PSSI)

Covesia.com - Timnas U-19 Indonesia menjadi pemuncak klasemen sementara Grup K kualifikasi Piala AFC 2020 dengan mengoleksi poin enam angka dari dua kemenangan. Kemenangan diraih atas Timor leste 3-1 dan Hong Kong 4-0.

Dua kemenagan tersebut, belum cukup mengantarkan skuat Garuda Muda besutan pelatih Fakhri Husaini itu melenggang lolos keputaran final Piala AFC meski menyisakan satu pertandingan lagi.

Timnas U-19 dibayangi Timnas Korea Utara di peringkat kedua klasemen dengan poin empat usai meraih kemenangan 4-0 atas Timor Leste. Sementara posisi ketiga ditempati Hong Kong dangn poin 1 dan Timor Leste di posisi ke empat tanpa meraih poin satu pun. 

Berdasarkan regulasi Federasi Sepakbola Asia itu, hanya juara grup yang dinyatakan lolos otomatis kualifikasi, sedangkan posisi runner-up akan lebih dulu menghitung jumlah poin dengan peringkat kedua di grup lain untuk mencari empat atau lima tim tersisa lolos ke putaran final.

Berkaca dari klasemen Grup K, peluang Bagus Kahfi dkk terbuka lebar untuk lolos. Kendati begitu, laga terakhir yang dilakoni Garuda Muda terbilang cukup berat, pasalnya mereka menghadapi Korea Utara yang sama-sama berpeluang lolos otomatis. Selain itu pelatih Husaini mengaku buta akan kekuatan tim lawan di laga pamungkas itu.

Indonesia bisa lolos otomatis, jika mampu meraih kemenangan atau setidaknya hasil imbang saat jumpa Korea Utara. Jika kalah tentunya akan bersaing dengan grup lainnya untuk memperebutkan posisi empat runner-up terbaik.

Laga Timnas U-19 kontra Korea Utara itu akan dilangsungkan pada Minggu besok tanggal 10 November 2019, pukul 19.00 WIB di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Akankah Garuda Muda mampu berpetualang di AFC tahun depan?, menarik kita nantikan besok.

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga