Afridza Munandar, Pembalap Kebanggaan Indonesia yang Tewas dalam Kecelakaan di Sirkuit Sepang

Afridza Munandar Pembalap Kebanggaan Indonesia yang Tewas dalam Kecelakaan di Sirkuit Sepang Afridza Munandar meninggal dunia usai kecelakaan di sirkuit Sepang. (Foto: Youtube Afridza Munandar)

Covesia.com - Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya di lintasan balap motor. Afridza Munandar, baru 20 tahun, adalah seorang juara.

Afridza meninggal saat tampil di Race 1 ajang Asia Talent Cup 2019 di sirkuit Sepang, Sabtu (2/11/2019). Ia mengalami kecelaakaan di tikungan 10 putaran pertama.

Sempat mendapatkan perawatan di tepi sirkuit, ia kemudian dibawa ke rumah sakit Kuala Lumpur dengan helikopter. Namun nyawanya tak tertolong.

Afridza bernama lengkap Afridza Syach Munandar, lahir pada 13 Agustus 1999 silam, atau baru berulang tahun ke-20 tiga bulan lalu. Ia adalah pebalap didikan Astra Honda Motor.

Di Asia Talent Cup musim ini, Afridza adalah salah satu kandidat juara. Menuju seri terakhir di Sepang, ia berada di posisi tiga klasemen dengan raihan 142 poin.

Dia sudah meraih dua kemenangan, dua kali jadi runner-up, dan dua kali finis ketiga. Pemuda bertinggi 158 cm itu hanya berjarak 27 poin dari Takuma Matsuyama yang memimpin kejuaraan, juga hanya 15 poin dari Sho Nishimura di urutan kedua.

Di ajang balap dalam negeri, Afridza juga berprestasi. Seperti dilansir situs resmi Astra-Honda, di 2017, ia adalah juara MP 3 dan 4 di region 2. Pada 2018, ia merupakan kampuan MP 4 region 2.

Ia jadi salah satu lulusan terbaik Astra Honda Racing School di 2017, hingga terpilih untuk tampil di ATC sejak 2018. GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya untuk keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.

"Kami juga turut menyampaikan duka untuk keluarga yang ditinggalkan Afridza. Semoga diberi ketabahan dan selalu dalam lindungan Allah SWT" ujar Muhib yang dilansir dari detiksport, Minggu.

(dtc)

Berita Terkait

Baca Juga