98 Pebalap dari 18 Negara Ikuti Grand Star Etape I TdS 2019 di Kota Pariaman

98 Pebalap dari 18 Negara Ikuti Grand Star Etape I TdS 2019 di Kota Pariaman Grand Star etape 1 Tour de Singkarak 2019 di Kota Pariaman, Sabtu (2/11/2019)(Foto: Covesia/ Peri)

Covesia.com - Pada grand star Tour de Singkarak (TdS) tahun 2019, etape I, dengan rute dari Kota Pariaman menuju Kabupaten Tanah Datar, sudah berlangsung. Dalam rute tersebut diikuti oleh 98 orang pebalap sepeda dari 18 negara. 

Sebelumnya masuk etape 1, para pebalap tersebut, mengikuti rute loop TdS, yaitu berkeliling Kota Pariaman. Dengan dimulai start di Pantai Gandoriah, lanjut Hotel Nan Tongga, - Simpang Ahmadin Kampung Pondok - Simpang Tabuik - Simpang Sianik.

Kemudian melewati Simpang Alai Gelombang - Simpang LLAJ - Simpang Taratak - Simpang Kampung Baru - Simpang Kampung Kaliang - Jalan Syech Burhanuddin menuju Jembatan Sunur - Muaro Sunur - Pantai Sunur - Pantai Kata - dan kembali lagi melewati Pantai Gandoriah.

Selanjutnya, para pebalap tersebut masuk etape 1, untuk menuju Kabupaten Tanah Datar. Dengan rute, Pantai Gandoriah - Simpang Amadin Kampung Pondok - Simpang Tabuik - Simpang Sianik - Simpang Alai Gelombang - Simpang LLAJ - Simpang Lapai - Simpang Jaguang - Simpang Basoka Kurai Taji - Batas Kota Jembatan Kurai Taji.

Walikota Pariaman,  Genius Umar menyebutkan, guna rute loop ini, agar peserta balap sepeda, bisa menikmati keindahan alam yang ada di Kota Pariaman. 

"Khususnya untuk melihat wisata bahari yang terhampar sepanjang pantai yang mereka lewati," ujar Genius pada Sabtu (2/11/2019).

Lanjut Genius, pada rute itu para pebalap akan melewati jarak tempuh, sekitar 20 kilometer.

"Nanti, di etape V pada Rabu (6/11/2019), para pebalap akan melewati kembali Kota Pariaman, yaitu pada saat starnya di Kabupaten Solok menuju Agam," kata Genius. 

Untuk rutenya kata Genius, dari Sicincin melewati Dusun Sampan Desa Pungguang Ladiang - Simpang Jaguang - Simpang Lapai - Simpang Jati–By Pass Pariaman - Simpang Apar - Padang Biriak-Biriak dan Batas Kota.

Kontributor: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga