Kualifikasi Piala Eropa 2020: Ukraina Amankan Satu Tiket di Grup B

Kualifikasi Piala Eropa 2020 Ukraina Amankan Satu Tiket di Grup B skuat Timnas Ukraina (@UEFAEURO)

Covesia.com - Tim nasional Ukraina jadi tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 dari Grup B fase kualifikasi, sementara satu tiket lainnya masih diperebutkan Portugal dan Serbia.

Ukraina lolos setelah menang 2-1 atas Portugal di Stadion Olimpiade, Kiev, pada Selasa (15/10/2019) dini hari WIB, tiga hari seusai membukukan kemenangan melawan Lithuania 2-0. Ukraina mengokohkan posisinya di puncak klasemen dengan koleksi 19 poin.

Dua kemenangan itu sekaligus memastikan Ukraina menjadi juara Grup B meski masih menyisakan satu pertandingan yang belum dijalani, yakni bertandang ke Serbia pada 17 November mendatang.

Laga itu jelas lebih penting bagi Serbia yang masih tertahan di urutan ketiga dengan raihan 10 poin dan terpaut satu poin dari Portugal (11) di posisi kedua. Selain menghadapi Ukraina, tiga hari sebelumnya Serbia juga akan menjamu Luxembourg.

Portugal juga masih punya dua pertandingan lagi, yakni menjamu Lithuania dan bertandang ke Luxembourg.

Di atas kertas keunggulan satu poin jelas membuat Portugal lebih berpeluang lolos, namun semuanya akan ditentukan pada bulan depan.

Berikut hasil pertandingan pekan ketujuh dan kedelapan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup B (tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (12/10) dini hari

  • Portugal 3 - Luxembourg 0 (Bernardo Silva 16', Cristiano Ronaldo 65', Goncalo Guedes 89')
  • Ukraina 2 - Lithuania 0 (Ruslan Malinovskiy 29', 58')

Selasa (15/10) dini hari

  • Lithuania 1 - Serbia 2 (Donatas Kazlauskas 79'; Aleksandar Mitrovic 48', 53')
  • Ukraina 2 - Portugal 1 (Roman Yaremchuk 6', Andriy Yarmolenko 27'; Cristiano Ronaldo p-72')

Klasemen sementara Grup B


(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga