Berlangsung Sengit, Semen Padang FC Raih Tiga Angka atas PSM Makassar

Berlangsung Sengit Semen Padang FC Raih Tiga Angka atas PSM Makassar (Foto: Yumami/Covesia)

Covesia.com - Semen Padang FC berhasil memenangkan laga sengit pekan ke-20 Shopee Liga 1 2019 menghadapi tamunya, PSM Makassar, Senin (23/9/2019) di Stadion H. Agus Salim, Padang. Irsyad Maulana cs menang dengan skor tipis 2-1.

Gol-gol Semen Padang FC dicetak oleh Flavio Beck Junior pada menit ke-45+4' melalui eksekusi tendangan bebas dan Vanderlei Fransisco pada menit-89. Sedangkan gol dari PSM Makassar dihasilkan oleh Ferdinand Alfred Sinaga pada menit ke-70.

Dalam 90 menit laga, kedua tim saling silih berganti melakukan serangan. Duel-duel dengan determinasi tinggi juga tersaji disetiap lini tim. Semen Padang FC terlebih dahulu memberikan ancaman pada menit ke-12. Menyambut bola sepak pojok, Karl Marx Barthelemy menyontek bola yang memantul ke tanah, sayang masih melayang di atas mistar.

PSM cova memberikan respons terhadap agresivitas Semen Padang FC. Peluang diperoleh Ferdinand Sinaga pada menit ke-21, sayangnya tendangan keras kaki kiri ujung tombak PSM ini bisa diamankan kiper Teja Paku Alam.

Selepas itu, PSM mendominasi permainan. Serangan yang dibangun PSM ini memaksa barisan belakang Semen Padang FC bekerja keras menghalau bola. Di lain sisi, Semen Padang FC mencoba melakukan serangan balik, tapi mudah dipatahkan lini pertahanan PSM.

Laga sengit kedua tim sempat terhenti pada menit ke-37. Sempat terjadi ketegangan di lapangan ketika kiper PSM, Rivky Mokodompit berbenturan dengan striker "Kabau Sirah", Karl Max Barthelemy.

Benturan tersebut tampaknya begitu parah sehingga memaksa Rivky Mokodompit dilarikan ke rumah saki dan Herry Praz masuk menggantikannya pada menit ke-42.

Menjelang babak pertama berakhir, Stadion H. Agus Salim akhirnya bergemuruh setelah Semen Padang FC sukses membuka keunggulan lewat tendangan bebas Flavio Beck Junior. Paruh pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

PSM yang tertinggal satu gol di babak pertama langsung coba tampil menyerang di paruh kedua. Hanya saja, serangan Juku Eja dengan mudah dipatahkan Semen Padang FC yang mengawali babak kedua dengan permainan normal.

Kendati demikian, Semen Padang FC terlebih dahulu menebar ancaman, dan nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-55. Karl Marx yang lepas dari pengawalan berhadapan dengan kiper, tapi tendangannya masih bisa ditepis kiper PSM. Selang empat menit kemudian, tendangan Dedi Hartono juga gagal menggandakan keunggulan karena tendangannta menghajar tiang kanan gawang.

Upaya tim tamu untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-70. Zulham Zamrun melepaskan tendangan keras yang masih mampu ditepis Teja Paku Alam. Namun bola muntah disambut Ferdinand  Sinaga untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Petaka menghampiri PSM ketika laga memasuki menit ke-80. Hery Prasetyo yang sebelumnya menggantikan Rivky Mokodompit pada menit ke-42, terpaksa ditandu keluar lapangan akibat cedera. Praktis PSM tidak memiliki kiper lagi, sehingga memaksakan Zulham Zamrun di bawah mistar.

Setelah sempat menepis sontekan Vanderlei Francisco di menit ke-85, Zulham gagal menjaga gawangnya dari kebobolan setelah tendangan striker Semen Padang FC itu masuk ke dalam gawang selang empat menit kemudian, sehingga Kabau Sirah sukes mendulang tiga angka lewat kemenangan 2-1.

Dengan kemenangan ini, Semen Padang FC mengoleksi 15 poin. Meski belum keluar dari zona degradasi, tapi perolehan tiga poin ini menipiskan jarak Semen Padang FC dengan tim diatasnya menjadi satu poin.

(ykl)

Berita Terkait

Baca Juga