Kabut Asap Tebal, Etape Ke-3 Tour de Siak Dibatalkan

Kabut Asap Tebal Etape Ke3 Tour de Siak Dibatalkan Pebalap Tour de Siak kembali lagi karena Etape III dibatalkan akibat kabut asap tebal (Foto: Antara/Bayu Agustar Adha)

Covesia.com - Etape III Balap Sepeda Tour de Siak dengan Rute Siak-Dayun-Buatan-Siak terpaksa dibatalkan setelah balapan sempat berjalan hingga 20 kilometer karena kabut asap tebal di wilayah setempat, Sabtu (21/9/2019).

"Karena kondisi, sebelum dokter memperingatkan saya ambil keputusan. Paling tepat menghentikan lomba ini," kata Direktur Pertandingan Tour de Siak, Sondi Sampurno.

Sekitar 54 pebalap dari 11 tim sebelumnya sempat dilepas dari garis start Istana Siak. Namun ketika berjalan dan para pebalap sampai di jalan Desa Tambak Rejo, panitia melalui mobilnya menyatakan balapan dihentikan.

Panitia sempat berdiskusi dengan Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia melalui radio. Setelah itu, mobil panitia berhenti dan mengibarkan bendera merah dan pebalap berbalik kembali.

"Saat belum ada yang memimpin karena masih dalam rombongan besar, paling delapan yang mimpin," ujar Sondi.

Dia mengatakan bahwa balapan yang dibatalkan hanya Etape III saja dan poin dua etape sebelumnya tidak hilang. Begitu juga pada Etape IV besok akan dilakukan rapat dulu apakah akan dilanjutkan atau tidak.

"Balap Etape III ini tak akan diulangi lagi. Nanti malam kita rapat dengan Pak Bupati. Kalau cuaca tetap seperti ini takkan dilaksanakan," tambahnya.

Awalnya etape III ini dijadwalkan siang hari, tapi berdasarkan kondisi Jumat (20/09) yang cerah maka Sabtu (21/09) dilepas pagi menjelang siang. Tapi ternyata justru asap lebih pekat pada pagi dan siang.

"Ini kejadian di luar kemampuan kita, kebakarannya bukan di sini tapi asapnya ke sini. Kita tidak bisa berbuat apa-apa. Padahal kemarin udaranya baik, makanya ingin pagi tapi ternyata begini," tambahnya.

Pada dua etape sebelumnya, etape pertama dijuarai pebalap Trengganu Cycling Team Malaysia, Nur Amirul Fachruddin Mazuki. Sedangkan etape II dimenangi pesepeda Tim Nasional Indonesia Reno Yudha Sansaka, namun kaos kuning masih milik pebalap Malaysia.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga