Samai Bali, Lanal Mentawai Gelar Surfing Competition

Samai Bali Lanal Mentawai Gelar Surfing Competition Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Dalam rangka memeriahkan HUT TNI AL, HUT TNI, HUT Lantamal dan HUT Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lanal Kepulauan Mentawai menggelar kompetisi surfing. 

Danlanal Kepulauan Mentawai Letkol Laut Anis Munandar mengatakan bahwa ajang 'Lanal Mentawai Surfing Competition' merupakan perlombaan yang bergengsi. 

Hal itu ia katakan dikarenakan tim juri lomba tersebut merupakan juri profesional dan menghadirkan juri asing dari luar negeri. 

"Mereka yang menang pada Lanal Mentawai Surfing Competition memiliki peluang untuk bisa berkompetisi pada tingkat lebih tinggi baik secara nasional seperti di Bali, maupun di luar negri. Ada grade yang menguntungkan surfer itu sendiri," ungkap Danlanal Mentawai Letkol Laut Anis Munandar, Jumat (13/9/2019). 

Ia menambahkan bahwa akan ada empat juri yang terdiri dari dua juri  lokal bertaraf internasional dan dua juri bule. 

'Lanal Mentawai Surfing Competition' ini akan digelar pada 24/09-29/09 mendatang di pantai Jati desa Tuapejat, kecamatan Sipora utara. 

"Kita memilih pantai Jati karena lokasinya dekat dengan pemukiman masyarakat dan wisatawan sering berwisata ke pantai Jati setiap sore. Ombaknya juga sangat mendukung dan ada cadangan ombak tikus di Pulau Tikus," tutur Anis. 

Ia mengatakan bahwa sudah ada sekira 30 peserta yang mendaftar dan  targetnya hanya menerima sekira 35-40 peserta yang akan diseleksi karena keterbatasan waktu. 

Ajang Lanal Mentawai surfing competition tersebut bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mentawai, Aggau board riders, Surfing substance Padang, resort-resort di Mentawai, dan stakeholder terkait. 

"Pesertanya ada yang berasal dari Mentawai, Padang, Palembang, dan kota lainnya, bahkan bule yang pernah ke Mentawai juga ikut kompetisi ini," ujarnya. 

Ia berharap kompetisi surfing tersebut bisa mencetak banyak surfer dari Mentawai  yang bisa berlaga di tingkat nasional dan internasional.

Selain itu, pemuda/pemudi Mentawai yang masih muda dan belum berkompetisi, termotivasi berlaga di bidang surfing karena kaya spot surfing di Mentawai. 

Reporter Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga