FIFA dan USSF Digugat Perusahaan Olah Raga di AS

FIFA dan USSF Digugat Perusahaan Olah Raga di AS Ilustrasi

Covesia.com - Badan sepak bola dunia (FIFA) dan Federasi Sepak bola Amerika Serikat (USSF) digugat oleh sebuah perusahaan promosi olahraga dengan tuduhan telah berkonspirasi untuk menghalangi liga dan klub-klub asing memainkan kompetisinya di Negeri Paman Sam itu.

Relevant Sports, LLC, perusahaan yang tahun ini menggelar International Champions Cup, menilai FIFA dan USSF telah bekerja sama menghadapi mereka dalam membawa pertandingan kompetisi reguler seperti La Liga ke Amerika Utara.

"Boikot yang mereka lakukan membuat para fans sepak bola internasional di AS kehilangan kesempatan untuk menyaksikan event sepak bola resmi internasional di AS, dan merupakan pelanggaran anti monopoli secara terang-terangan," demikian gugatan Relevent Sports yang disampaikan ke Pengadilan Distrik AS di New York yang dikutip Antara, Selasa (10/9/2019).

Meski sejumlah pertandingan persahabatan yang melibatkan klub-klub besar Eropa dan Amerika Selatan sering digelar di AS, namun untuk pertandingan kompetisi resmi masih tidak bisa.

Relevent Sport sempat mencoba membawa sejumlah pertandingan Liga Ekuador, serta laga La Liga antara Barcelona versus Girona, ke AS, namun dihalangi, kata Relevant.

"Federasi Sepak Bola AS terus bersikukuh dengan tanggung jawabnya dalam mempromosikan perkembangan sepak bola, tapi dengan melindungi Soccer United Marketing, partner bisnis dalam menggelar MLS (liga sepak bola AS)," kata CEO Relevent Sports Daniel Sillman.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga