Inggris Lumat Bulgaria 4-0

Inggris Lumat Bulgaria 40 Harry Kane (Dok: Spurs)

Covesia.com - Harry Kane membukukan trigol untuk membantu Inggris melumat Bulgaria dengan skor 4-0 dalam pertandingan Grup A kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu dini hari WIB

Kemenangan besar ini sekaligus membawa Inggris kembali memuncaki klasemen grup dengan koleksi sembilan poin dari tiga pertandingan, demikian dilansir laman resmi UEFA.

Khusus bagi Kane, penyerang Tottenham Hotspur itu menjadi pemain pertama yang telah mengoleksi 25 gol lebih dari 40 penampilan pertamanya untuk timnas Inggris, sejak Gary Lineker (27 gol). Ini juga merupakan trigol ke-13nya untuk klub dan negara (11 kali untuk Spurs dan dua kali untuk timnas).

Penampilan Inggris tidak terlalu mengesankan pada fase awal pertandingan, namun nuansa pertandingan berubah setelah Kane membuka keunggulan The Three Lions pada menit ke-24.

Kiper Bulgaria Plamen Iliev berusaha mengirim operan pendek kepada Vasil Bozhikov, namun bola dapat dipotong oleh Raheem Sterling, yang meneruskannya untuk dikonversi menjadi gol dengan mudah oleh Kane.

Saat babak kedua memasuki menit keempat, pergerakan yang dilakukan Marcus Rashford memaksa Nikolay Bodurov melanggarnya di kotak terlarang. Kane yang bertugas menjadi algojo sukses menunaikan tugasnya untuk menggandakan keunggulan Inggris.

Kane kemudian beralih peran menjadi pemberi umpan pada menit ke-55. Bola umpannya dapat dimaksimalkan oleh Sterling untuk menjadi gol internasional kesembilannya.

Pemain Manchester City itu kemudian berperan besar dalam gol keempat Inggris. Sterling dijatuhkan oleh Kristian Dimitrov di kotak terlarang yang berbuah hadiah penalti untuk tuan rumah.

Kane kembali sukses mengeksekusi penalti, untuk menutup kemenangan besar pasukan Gareth Southgate.

Pada pertandingan lain, Ukraina mengamuk di markas Lithuania untuk membawa pulang kemenangan 3-0. Hasil yang membawa Ukraina untuk sementara memimpin klasemen Grup B dengan koleksi 13 poin dari lima pertandingan.

Lithuania masih menghuni dasar klasemen grup dengan satu poin dari empat pertandingan.

Gol-gol kemenangan Ukraina dibukukan oleh Oleksandr Zinchenko (7'), Marlos (27'), dan Ruslan Malinovsky (62').

Kemenangan 3-0 juga diraih Islandia atas tamunya Moldova. Hasil ini membawa Islandia untuk sementara menduduki posisi teratas di klasemen Grup H dengan 12 poin dari lima pertandingan.

Sedangkan Molodova tercecer di peringkat kelima dengan tiga poin dari lima pertandingan yang sudah dimainkan.

Ketiga gol Islandia tersebut disumbangkan oleh Kolbeinn Sigthorsson (31'), Birkir Bjarnason (55'), dan Jon Dado Boedvarsson (77').

(Antara)

Berita Terkait

Baca Juga