Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020, Jalan Standar Balap akan Dibangun

Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020 Jalan Standar Balap akan Dibangun Sumber: facebook.com/aniesbaswedan

Covesia.com - Jakarta telah resmi terpilih sebagai tuan rumah balapan Formula E. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menyebut pihaknya akan menyesuaikan jalanan di Jakarta dengan standard lintasan untuk balapan tersebut.

Namun Hari mengaku belum mengetahui spesifikasi yang diperlukan untuk lintasan balap Formula E. Ia masih menunggu kepulangan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan yang sedang berada di luar negeri.

"Pak Gubernur kan masih di sana (luar negeri). Nanti kan masih dirapatin. Kemudian spesifikasi lintasan balap itu kayak apa, terus nanti disesuaikan dengan jalan kita," ujar Hari dilansir Suara.com, Senin (15/7/2019).

Ia menganggap banyak faktor jalanan di Jakarta yang nantinya perlu disesuaikan seperti pemandangan, model, dan jalur lintasan. Menurutnya perlu dilakukan pembahasan bersama kedinasan terkait di Jakarta.

"Spesifikasi jalan juga mungkin fitur dari view, mana yang bagus lintasannya, modelnya gitu. Itu nanti masih tahun depan kan. Jadi mungkin persiapan rapat-rapat dulu," kata Hari.

Hari juga menyebut belum menerima informasi apapun dari Anies soal lokasi lintasan. Ia belum bisa memastikan apakah nantinya balapan akan diselenggarakan di tengah kota atau di sirkuit balap seperti Sentul.

"Belum tahu, jalurnya yang diminta nanti kayak apa. Apa di tengah kota, apa Thamrin-Sudirman, apa di pinggir jalan, apa di Sentul, kan kita gak tahu," kata Hari.

Jika nantinya balapan akan digelar di tengah kota menggunakan jalan raya, ia mengaku akan belajar dari Singapura yang sudah melakukan hal serupa. Singapura disebut Hari meskipun menggelar balapan di tengah kota tapi sudah meningkatkan kualitas jalanannya.

"Singapura kan lintas balapannya dalam kota. Cuman dalam kota pun mereka sudah upgrade jalanannya dengan spesifikasi jalan yang sesuai. Nanti kalau sudah ada baru kita upgrade jalannya," pungkasnya.

Sebelumnya, kabar baik untuk Indonesia, khususnya Jakarta sebagai ibu kota. Jakarta dipastikan bakal jadi tuan rumah ajang Formula E 2020. Hal ini dikonfirmasi langsung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, via akun Facebook resminya.

Formula E adalah ajang balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1 (F1). Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi, dan diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

"Sebuah proses negosiasi dan persuasi yang panjang itu telah menemukan sebuah akhir yang indah," buka Anies di Facebook resminya.

(rdk)

Berita Terkait

Baca Juga