Kembali Latih Persipura, Jackson F Tiago Ingin Panggil Eks Pemain Mutiara Hitam

Kembali Latih Persipura Jackson F Tiago Ingin Panggil Eks Pemain Mutiara Hitam Pelatih Jackson F Tiago saat menukangi Barito Putera

Covesia.com - Persipura Jayapura kembali panggil pelatih Jackson F Tiago untuk menukangi tim kebanggaan masyarakat Papua itu. Pelatih asal Brasil itu telah berada di markas Persipura pada Jumat (12/7) sore kemaren.

"Tadi sore saya baru tiba di Bandara Sentani, disambut gembira oleh warga dan Persipuramania serta pengurus tim. Dan saya langsung ke Mandala menyapa para pemain, besok baru saya pimpin latihan," ujar Jackson setelah mendarat di Bandara Sentani, Papua kemaren.

Kembali latih Persipura, pelatih 51 tahun itu mengatakan akan memanggil para pemain Papua atau eks Persipura untuk mengembalikan kejayaan tim Mutiara Hitam itu.

Pemanggilan tersebut sudah disampaikan kepada Ketua Umum Persipura Jayapura dan Manejer tim Persipura Rudy Maswi.

"Saya sudah usul kepada Pak Benhur Tommy Mano dan Pak Rudy Maswi, bagaimana dengan pemain-pemain yang pergi, kira-kira apakah kita bisa panggil kembali dan ini ada jawabannya," ungkapnya dikutip Antara, Sabtu (13/7/2019).

Jackson mengakui bahwa untuk memanggil para pemain yang diinginkan tersebut sudah pasti membutuhkan waktu dan proses karena sudah terikat dengan klub atau tim yang bisa dikatakan sedang dalam penampilan terbaik, tetapi hal itu akan terus diupayakan.

Apalagi, musim transfer pemain masih jauh sehingga untuk menatap laga melawan tim Madura United yang tinggal menyisahkan beberapa hari lagi, pemain yang ada akan dimaksimalkan guna meraih kemenangan perdana yang dinantikan tim dan publik.

"Tentunya butuh proses untuk memanggil mereka. Masa saya yang bukan orang Papua saja bisa kembali, jadi pasti mereka juga bisa. Saat ini memang tidak ada waktu, karena empat hari lagi melawan Madura United, tidak ada waktu dan kita harus berimprovisasi pemain yang ada," terang pelatih kelahiran Rio de Janeiro itu.

Menurut dia, untuk membuat suatu tim yang ideal dan siap tempur memerlukan waktu cukup lama, minimal dua bulan bahkan bisa lebih dari karena para pemain akan padu dan mengerti semua taktik atau strategi yang akan digunakan nanti di lapangan.

"Memang rekan-rekan wartawan di luar Papua ada tanya, bagaimana mengembalikan kondisi tim yang ada. Saya katakan perlu dilihat dulu para pemain yang ada, butuh kontak dengan pemain dua hingga tiga bulan bahkan lebih, saya akan memanfaatkan sebisa mungkin waktu yang ada sehingga mendapatkan formula yang tepat," sambungnya.

Jackson juga mengakui bahwa tanpa perencanaan belum tentu bisa membuat tim yang bagus seperti lima atau enam tahun lalu.

"Saya juga sampaikan perencanaan yang dilakukan tidak mungkin tanpa kontak dengan pemain. Tim yang sekarang berbeda dengan dulu, saya saja sudah ada rambut putih dan bahkan gemuk, tim atau pemain juga begitu," tutup Jackson.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga