Prediksi Laga Babak Perempat Final Piala Indonesia: Persebaya Vs Madura United

Prediksi Laga Babak Perempat Final Piala Indonesia Persebaya Vs Madura United (Dok: Persebaya)

Covesia.com - Kemenangan menjadi harga mati buat Persebaya Surabaya saat menjamu Madura United dalam "Derby Suramadu". Kedua tim akan berjumpa dalam laga leg pertama perempat final Piala Indonesia 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, sore ini, Rabu (19/6).

Persebaya tengah berburu kado manis di hari ulang tahun yang jatuh sehari sebelumnya, Selasa (18/6). Klub berjulukan Bajul Ijo itu kini telah genap berusia 92 tahun. Hanya kemenangan saja yang bakal membuat perayaan ulang tahun jadi meriah.

Tak cuma itu yang jadi target Persebaya. Keberhasilan menaklukkan Madura United bakal mempermudah Persebaya ke babak berikutnya. Dengan menggunakan sistem gugur, Bajul Ijo perlu kemenangan. Setidaknya, itu akan mempermudah jalan mereka di leg kedua yang digelar di Pamekasan.

"Kami butuh kemenangan di pertandingan ini. Kami ingin menjaga asa ke semifinal. Kalau bisa mencetak lebih dari dua gol, supaya langkah berikutnya di leg kedua tidak terlalu berat," kata Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya.

"Kami sudah melakukan persiapan untuk pertandingan ini, meski sudah beberapa hari latihan skuat kami tidak lengkap, karena ada pemain ke Timnas Indonesia. Latihan tidak berjalan sempurna. Dalam dua hari terakhir, kami mematangkan taktik menghadapi Madura United," imbuh pelatih yang karib disapa Djanur itu.

Jalan berat tentunya harus dijalani oleh Persebaya Surabaya demi meraih target kemenangan tersebut.

Di sisi lain, Madura United datang dengan kekuatan penuh. Semua pemain yang tampil secara reguler di starting eleven dipastikan bisa diturunkan. Jangan lupa, Laskar Sape Kerrab kini tengah dalam tren positif selalu menang di tiga laga awal Liga 1 2019.

Bahkan, pemain sayap Andik Vermansah dan striker Beto Goncalves masih menjadi perbincangan berkat aksi mereka di Timnas Indonesia. Andik menyumbang empat assist dan Beto dengan empat gol saat Tim Garuda menang 6-0 atas Vanuatu, Minggu (15/6) lalu.

"Saya senang bisa melihat pemain timnas kami bisa berkonstribusi. Andik cetak empat assist dan Beto juga empat gol. Andik memulai semua ini dan mereka akan membantu Madura United," ujar Dejan Antonic, pelatih Madura United.

Satu-satunya pemain andalan yang bakal absen membela Madura United adalah Zah Rahan. Dia mengalami cedera. Tetapi, gelandang asal Liberia itu sudah tidak tampil sejak pekan pertama Liga 1 2019. Hal itu berarti, Madura United terbiasa bertanding tanpa Zah Rahan dan tetap mampu meraih kemenangan.

"Zah Rahan cedera dan baru selesai operasi. Semoga dia segera kembali ke tim. Yang lain, pemain kami sudah siap dan fokus menghadapi sebuah tim besar yang punya tradisi," ujarnya.

Madura United tetap jauh lebih diunggulkan dengan situasi teranyar ini. Akan tetapi, klub asal Pulau Garam itu memiliki rekor buruk saat berjumpa Persebaya. Dalam enam kali Derbi Suramadu, Madura United belum berhasil menang.

Dejan enggan memandang catatan historis itu. Target meneruskan tren kemenangan juga menjadi motivasi kuat ti asuhannya untuk menghentikan rekor buruk tersebut. Dia telah belajar setelah kalah dalam dua laga semifinal Piala Presiden 2019 kontra Persebaya.

Empat Pertemuan Terakhir

  • 06/04/19 : Madura United 2-3 Persebaya
  • 03/04/19 : Persebaya 1-0 Madura United
  • 25/10/18 : Persebaya 4-0 Madura United
  • 25/05/18 : Madura United 2-2 Persebaya

Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra;Novan Sasongko, Hansamu Yama, M. Syaifuddin, Ruben Sanadi;Damian Lizio, Misbakus Solikin, M. Hidayat;Oktafianus Fernando, Amido Balde, Manuchekhr Dzhalilov.

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Madura United (4-3-3): M Ridho;Marckho Sandy, Jaimerson Xavier, Fandry Imbiri, Andik Rendika Rama;Zulfiandi, Asep Berlian, Greg Nwokolo; Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Alberto Goncalves.

Pelatih: Dejan Antonic

Prediksi Skor

Persebaya Surabaya benar-benar harus membuktikan kebangkitan didepan pendukung sendiri. Lima laga tanpa kemenangan harus segera diakhiri. Moment ulang tahun dan bermain didepan pendukung sendiri harus mampu dimanfaatkan oleh Hansamu Yama cs. Tidak ada kata lain, selain harus mengalahkan Madura United. Sekalipun lawannya saat ini adalah tim paling solid dan penuh pemain bintang.

Sedangkan bagi Madura United, kemenangan juga menjadi target. Selain untuk mengakhiri rekor buruk dari Persebaya juga untuk memuluskan langkah mereka lolos kebabak selanjutnya. Selain itu, Andik Vermansah cs juga termotivasi terus melanjutkan tren positifnya. Covesia sendiri memprediksi laga ini berakhir dengan skor 2-2.

(ykl)

Berita Terkait

Baca Juga