FIFA Sasar 1 Miliar Penonton Piala Dunia Putri

FIFA Sasar 1 Miliar Penonton Piala Dunia Putri Undian Piala Dunia Wanita di Seine Musicale, Paris, Prancis. (antara).

Covesia.com- FIFA mengharapkan satu miliar pemirsa menonton Piala Dunia Putri di Prancis di tengah upaya badan sepak bola dunia itu dalam melanjutkan upaya-upaya strategis guna menumbuhkan sepak bola wanita di seluruh dunia namun FIFA sendiri sering menjadi sasaran kritik menyamakan kesetaraan gender.

Fakta bahwa ratusan ribu tiket terjual, membuktikan ada animo besar menyaksikan sepak bola wanita, bahkan ada hasrat yang jauh lebih besar lagi dari kalangan penggemar dan pemain untuk melakukan perubahan cepat yang FIFA sendiri sulit melakukannya.

Piala Dunia 2019 memberi kesempatan kepada FIFA untuk menunjukkan kepada dunia bahwa mereka memperhatikan sungguh-sungguh perempuan.

Sejak lama dikritik karena olah raga ini kurang ramah kepada perempuan, FIFA membentuk Divisi Sepak Bola Wanita pada 2016 yang di dalamnya berisi tiga strategi dalam memajukan sepak bola wanita dan mempersempit kesenjangan dengan putra.

"Kami menanti membangun jumlah pemirsa yang akan menonton Piala Dunia Putri FIFA. Pada 2015, 750 juta orang menontoninya dan musim panas ini kami ingin angka itu naik menjadi 1 miliar," kata seorang juru bicara FIFA dikutip antaranews, Kamis (16/5/2019).

FIFA mengharapkan eksposur tambahan akan menarik penggemar baru kepada olah raga yang kebanyakan masih amatir dengan hanya segelintir pemain top yang digaji dari sepak bola.

Diluncurkan pada Oktober 2018, strategi FIFA fokus kepada tiga pilar --mengembangkan olah raga ini, menaikkan nilai komersial dan memperkuat fondasi sepak bola wanita.

"Sepak bola wanita adalah prioritas puncak FIFA," kata Sekretaris Jenderal FIFA Fatma Samoura.

(ant/jon)


Berita Terkait

Baca Juga