Sejarah dalam Liga Inggris, Juara Antara Manchester City dan Liverpool Ditentukan di Akhir Musim

Sejarah dalam Liga Inggris Juara Antara Manchester City dan Liverpool Ditentukan di Akhir Musim Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Untuk kedelapan kalinya dalam sejarah Liga Inggris, titel juara harus ditentukan pada hari terakhir musim ini dengan Manchester City berada di ambang juara dua kali berturut-turut.

Unggul satu poin terhadap Liverpool mengartikan City akan mengoleksi gelar juara divisi utama Inggris untuk keenam kalinya seandainya mereka menang melawan Brighton and Hove Albion, Minggu pekan ini, sekalipun tim asuhan Juergen Klopp mengalahkan Wolverhampton Wanderers di Anfield pada jam dan hari yang sama.

Pimpinan puncak klasemen Liga Inggris sudah 32 kali gonta ganti sepanjang musim ini. Itu akan berakhir Minggu pekan ini ketika semua pertandingan dilangsungkan bersamaan pukul 14.00 GMT sehingga semua tim fokus kepada dirinya untuk tidak tergelincir.

City sudah memenangi 13 pertandingan terakhir Liga Inggris, sedangkan Liverpool memenangi delapan pertandingan terakhirnya. Nasib keduanya ditentukan pada pertandingan-pertandingan terakhir.

Liverpool menang 3-2 melawan Newcastle berkat sundulan pada menit ke-86 yang dilepaskan pemain pengganti Divock Origi, sementara City menaklukkan Leicester Selasa dini hari tadi setelah kapten Vincet Kompany melepaskan tendangan jarak jauh menggledek pada menit ke70.

City menikmati victory lap di depan fans mereka setelah pertandingan kandang terakhir mereka tersebut, tetapi otak mereka seketika tercurah kepada pertandingan Minggu menghadapi tantangan penempat urutan ke-17 Brighton yang gigih menahan seri 1-1 Arsenal dua hari lalu.

"Satu pertandingan lagi dan akan sama sulitnya dengan hari ini, kami akan bertandang dan kami sudah menyaksikan Brighton bermain bagus melawan Arsenal," kata manajer City PepGuardiola.

"Tetapi pertandingan itu ada di tangan kami, jangan lupa, tetapi kami bisa tertinggal 10 poin jika kami kalah melawan Liverpool di sini. Kami pernah tertinggal tujuh poin, tetapi inilah kami pada pertandingan terakhir dan tekanan ada di kubu kami. Kami harus bersiap sebaik-baiknya," sambung dia seperti dikutip Reuters.

"Mari kita lihat apakah Brighton bertahan ke dalam atau lebih ofensif. Ini akan sulit, tapi semoga kami tampil menjadi juara."

Jika City menjadi juara, maka Liverpool dengan koleksi 94 poin dan hanya satu kali kalah, akan menjadi runner-up dengan poin terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

City kini sudah mencetak 100 gol pada semua kompetisi musim ini di Etihad yang adalah rekorgol kandang terbanyak yang dicetak sebuah tim liga elit Inggris dalam satu musim, demikian Reuters.

(Antara)

Berita Terkait

Baca Juga