Kriteria Pemain yang Dinginkan Fakhri Husaini untuk Timnas U-19

Kriteria Pemain yang Dinginkan Fakhri Husaini untuk Timnas U19 Fakhri Husaini (Dok: PSSI)

Covesia.com - Pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini telah memulai seleksi pemain untuk memperkuat skuat asuhannya sejak Senin (22/4/2019) lalu. Seleksi tersebut dilakukan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Fakhri mengatakan pada seleksi ini, ia mencari pemain-pemain terbaik. Untuk kriteria pemain, sang juru racik itu menyebutkan tidak jauh berbeda dengan timnas Indonesia U-16.

"Kriterianya nggak berbeda dengan yang saya sampaikan saat cari pemain untuk timnas U-16. Mereka harus hebat, kuat, tangguh di empat aspek yaitu fisik, teknik, taktik dan mental. Nggak ada yang lain," ujar Fakhri Husaini usai memimpin latihan, Rabu (24/4/2019).

"Saya nggak lihat mereka klubnya atau daerahnya dari mana. Kemudian warna kulitnya apa, saya gak lihat. Kalau mereka terpilih itu karena mereka memang baik di empat aspek. Jadi semua anak punya kesempatan yang sama untuk bisa lolos," terang Fakhri yang dikutip Suara.com di Jakarta.

Saat ini ada 43 pemain yang mengikuti seleksi tahap pertama untuk memperkuat timnas Indonesia U-19. Fakhri mengaku pemain-pemain yang saat ini bukanlah pilihannya.

Pemain-pemain yang ada merupakan jebolan dari kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-19 musim lalu. Meski begitu, Fakhri mengaku sudah mengetahui kemampuan beberapa pemain.

"Saya harus menghormati hasil dari talent scouting yang dilakukan PSSI terhadap pemain-pemain potensial yang tampil di Liga 1 U-19. Jadi ini semua murni nama-nama pilihan dari PSSI meskipun dari daftar tersebut sudah ada beberapa pemain yang sudah saya tahu," jelasnya.

"Tapi saya tetap menghormati. Ini bentuk tanggung jawab kita semua terhadap liga yang kita putar," pungkas Fakhri.

Timnas Indonesia besutan Fakhiri Husaini ini nantinya akan berlaga pada Piala AFF U-18 pada 5-18 Agustus di Vietnam. Selain itu, Fakhri juga mempersiapkan tim untuk kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September/Oktober mendatang.

(sra/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga