Thailand Bungkam Timnas U-23 4-0

Thailand Bungkam Timnas U23 40 Laga kualifikasi Piala Asia 2020 Thailand vs Timnas U-23 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019) (Ist)

Covesia.com - Timnas Indonesia U-23 secara mengejutkan harus menerima kenyataan telak dibantai oleh Thailand U-23 di kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang dihelat di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, sore ini, Jumat (22/3/2019). Egy Maulana cs harus rela dicukur dengan skor telak 4-0.

Berambisi untuk meraih kemenangan di laga perdana, pelatih Indra Sjafri menurunkan skuat terbaik. Di posisi penjaga gawang, Awan Setho menjadi pilihan utama. Duet Andy Setyo dan Rachmat Irianto menjadi andalan di lini belakang. Sementara itu, Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani dipercaya turun sejak sepak mula.

Di lain pihak, komposisi pemain Thailand tak kalah garang. Supachok Sarachat menjadi bagian dari lini serang yang ditopang oleh Kannarin Thawornsak di lini tengah. Sementara lini belakang dikomandoi Saringkan Promsupa sekaligus menjadi pelapis Nont Muangpam di bawah mistar gawang.

Pada sepuluh menit babak pertama, Timnas U-23 Indonesia tampil menekan. Serangan dari kedua sisi dilancarkan skuat Indra Sjafri melalui Saddil Ramdani dan Osvaldo Haay. Di lain pihak, Thailand lebih banyak menunggu dan hanya melakukan serangan sesekali.

Alih-alih mencetak gol pembuka, Garuda Muda justru mesti tertinggal pada menit 21. Melalui skema bola mati, crossing dari sisi kiri pertahanan Timnas U-23 Indonesia mampu diselesaikan Shinnapat Leeaoh lewat tandukkan yang tak bisa dihadang Awan Setho. Skor 0-1 untuk keunggulan Thailand.

Memasuki pertengahan paruh pertama, Thailand berbalik mendominasi jalannya laga. Bahkan, saat Timnas U-23 hendak melakukan serangan balik, dengan cerdik skuat asuhan Alexandre Gama langsung menghentikan laju bola sejak dari lini tengah.

Di penghujung laga, Luthfi Kamal hampir saja menyamakan kedudukan andai tendangan bebasnya dari sisi kanan tidak ditepis Nont Muangngam. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk Thailand U-23.

Dibabak kedua, Indonesia U-23 seperti kesulitan untuk mengembangkan permainan. Sedangkan Thailand U-23 yang bermain agressif dengan kolektivitas mampu membuat pasukan Garuda Muda porak-poranda. Babak kedua baru berjalan empat menit Indonesia kembali kebobolan. Pelanggaran tidak perlu yang dilakukan oleh Rachmat Irianto berbuah penalti. Supachai Chaedad yang maju sebagai algojo membawa Thailand U-23 unggul 2-0.

Indonesia U-23 semakin tidak terlihat arah main. Pemain seperti kehilangan semangat tidak seperti pagelaran AFF U-22 beberapa waktu lalu. Keseringan salah umpan dan penjagaan yang longgar membuat pemain Thailand U-23 semakin nyaman memainkan bola.

Menit ke 71, Shinnapat Leeaoh mencetak gol keduanya sekaligus membawa Thailand U-23 unggul 3-0. Umpan silang dari sisi kiri gawang timnas U-23 mampu dicocor dengan mudah oleh Leeaoh tanpa pengawalan berarti.

Tidak puas dengan tiga gol, Thailand U-23 kembali menambah keunggulan menjadi 4-0. Supachok Sarachat mampu mencatatkan namanya dipapan skor pada menit ke 79.

Timnas Indonesia U-23 mencoba merespon dengan melakukan pergantian pemain, memasukan Sani Riski dan Witan Sulaiman. Namun hadirnya kedua pemain ini juga tidak membawa pengaruh banyak untuk Timnas U-23. Skor 4-0 bertahan sampai laga usai.

Susunan Pemain Timnas U-23 Indonesia vs Thailand

Timnas Indonesia U-23:

Awan Setho; Asnawi Mangkualam; Andy Setyo; Rachmat Irianto; Firza Andika; M. Luthfi Kamal; Gian Zola; Egy Maulana Vikri; Osvaldo Haay; Saddil Ramdani; Marinus Wanewar.

Timnas Thailand U-23:

Nont Muangngam; Kritsada Kaman; Jakkit Wachpirom; Saringkan Promsupa; Shinnapat Leeaoh; Worachit Kanitsribumphen; Wisarut Imura; Kannarin Thawornsak; Sakunchai Saengthopho; Supachai Chaided; Supachok Sarachat.  

(ykl)

Berita Terkait

Baca Juga