Kalah 2-0, Juventus Tumbang di Kandang Atletico Madrid

Kalah 20 Juventus Tumbang di Kandang Atletico Madrid Cristiano Ronaldo dikawal tiga pemain Atalanta dalam meredam lini seang Juventus (Dok: Juve)

Covesia.com - Atletico Madrid mengambil keuntungan besar dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions mereka atas Juventus dengan meraih kemenangan 2-0 di kandang berkat gol-gol menit terakhir dari dua bek asal Uruguay Jose Gimenez dan Diego Godin pada Kamis dini hari.

Pada menit ke-78 Jose Gimenez menyapu bola muntah dari Mario Mandzukic dengan sepakan keras yang tak mampu dihalau oleh Szczesny, sebelumnya gol mantan pemain Juventus Alvaro Morata dianulir menyusul pantauan teknologi VAR.

Kapten Atletico, Godin mencetak gol vital kedua pada menit ke-83. Bek veteran tersebut menerima bola muntahan Ronaldo setelah mantan pemain Real Madrid itu berusaha menghalau bola kiriman dari tendangan bebas Grizmann.

Tanpa basa-basi, Godin melepaskan tembakan jarak dekat dan masuk ke gawang Bianconeri dan membuat Atletico unggul 2-0.

"Ini hasil yang luar biasa, kami mencetak dua gol dan mereka tidak, tetapi kami masih memiliki leg kedua dan kami tahu bahwa 90 menit di Turin akan sama sulitnya dengan malam ini," kata Godin yang dilansir dari Antara.

"Suasananya luar biasa dan untungnya kami mampu mengatasi kesulitan setelah keputusan wasit dan VAR."

Pertemuan dua raksasa Eropa, yang telah mencapai empat dari lima final Liga Champions terakhir tanpa mengangkat trofi, berlangsung sengit dan keras saat masing-masing tim terkenal karena permainan bertahan mereka yang mengintimidasi.

Perekrutan Ronaldo oleh Juventus merupakan sebuah upaya yang jelas untuk meningkatkan daya gedor mereka dan berharap dapat memenangkan kompetisi ini.

Namun, pemain yang telah mencetak 22 gol ke gawang Atletico saat menjadi pemain Real Madrid itu tidak terlalu menimbulkan dampak berarti saat melawan klub ibu kota Spanyol tersebut.

Juventus sempat mencatatkan beberapa peluang penting pada awal babak pertama. Dimulai dari tembakan bebas Cristiano Ronaldo di menit kesembilan yang berhasil dihalau Jan Oblak, hingga sundulan Leonardo Bonucci yang masih melambung di atas gawang Atletico.

Atletico memulai babak pertama dengan kurang meyakinkan dan baru mendapatkan peluang emas sebelum babak pertama usai ketika pergerakan Diego Costa menghasilkan pelanggaran, yang awalnya diberikan sebagai penalti sebelum diganti menjadi sebuah tendangan bebas.

 Klub Spanyol asuhan Diego Simeone tersebut bermain lebih percaya diri pada babak kedua dan hampir mencetak gol pembuka ketika Diego Costa berhasil melewati barisan pertahanan Juventus dan tinggal berhadapan dengan Szczesny satu lawan satu. 

Namun, tembakan mendatarnya yang telah menipu kiper asal Polandia tersebut justru melebar di samping gawang.

Setelahnya, giliran Antoine Griezmann yang memberikan ancaman. Pemain berpaspor Prancis itu melepaskan tembakan lob yang tak mampu dijangkau oleh Szczesny. Namun, tembakannya mengenai mistar gawang dan berhasil dibuang jauh oleh Giorgio Chiellini.

Penyelamatan itu tidak mampu menahan momentum dan dua gol Atletico Madrid sampai peluit akhir dibunyikan. 

Pertandingan leg kedua akan digelar di kandang Juventus pada 12 Maret. Klub Spanyol tersebut dipastikan tidak akan diperkuat Costa dan Thomas Partey karena skorsing, sedangkan Juventus tidak akan diperkuat bek Alex Sandro.

(ant/don)

Berita Terkait

Baca Juga