Penyisihan Grup B Piala AFF U-22: Malaysia Tahan Imbang Timnas Indonesia 2-2

Penyisihan Grup B Piala AFF U22 Malaysia Tahan Imbang Timnas Indonesia 22 Timnas Indonesia kontra Malaysia dalam laga kedua penysihan Grup B Piala AFF U-22, Rabu (20/2/2019)

Covesia.com - Timnas Indonesia U-22 kembali meraih hasil seri dalam laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF 2019, Rabu (20/2/2019) saat berhadapan dengan Malaysia, pertandingan yang dilangsungkan di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja itu, Garuda Muda ditahan imbang 2-2.

Sebelumnya, Senin (18/2) kemaren, skuat Indra Sjafri ini juga ditahan Imbang Myanmar dengan skor 1-1.

Babak pertama pertandingan, baik Indonesia maupun Malaysia cukup berimbang, dimana kedua tim sama-sama kesulitan dalam membuat gol.

Indonesia sedianya punya banyak peluang, namun penyelesaian akhir yang terburu-buru membuat kesempatan bikin gol terbuang. Tercatat Indonesia punya kans lewat Marinus Wanewar, Osvaldo Haay, Gian Zola dan terakhir Luthfi Kamal.

Dua peluang emas Indonesia didapat dari Osvaldo dan Luthfi. Osvaldo di menit ke-39, ketika gagal memasukkan bola ke gawang meski sudah melewati kiper Malaysia Haziq, dan Luthfi yang tendangan bebasnya membentur mistar di menit ke-44.

Adapun Malaysia juga beberapa kali menebar ancaman, namun tidak ada gol bisa dilesakkan. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Indonesia mampu unggul pada menit ke-53. Berawal dari umpan terobosan Osvaldo di sisi kiri, Marinus melepaskan tembakan yang sempat diblok Haziq. Bola kemudian bergulir liar dan kembali dikuasai Marinus, sebelum menceploskannya ke dalam gawang.

Tertinggal, Malaysia gantian menekan. Di menit ke-61, sebuah serangan mereka menghasilkan tendangan bebas di depan kotak penalti Indonesia. Nik Akif Syahiran yang menjadi eksekutor, mampu melepaskan tendangan yang membuat bola langsung masuk ke gawang Indonesia yang dijaga Satria Tama.

Di menit ke-77, Indonesia kembali unggul menjadi 2-1. Kali ini, sepakan Witan Sulaeman mengarahkan bola ke pojok kanan atas dan tak mampu dibendung Haziq.

Di menit-menit akhir, tekanan diberikan Malaysia. Di menit ke-85, gol penyama kedudukan dilesakkan Malaysia melalui Muhammad Hadi Fayyad. Berawal dari sepak pojok, tandukannya tak mampu dibendung barisan belakang Indonesia.

Di sisa waktu pertandingan, Indonesia tak mampu mencetak gol ketiganya meski beberapa kali punya peluang. Skor 2-2 bertahan hingga laga tuntas.

Dengan hasil tersebut, Indonesia bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Grup B dengan poin dua. Sedangkan Malaysia berada di posisi terakhir dengan poin satu.

Tuan rumah Kamboja bertengger di posisi pertama dengan poin tiga yang akan melangsungkan pertandingannya bersama Myanmar di posisi ketiga.

Susunan Pemain

Indonesia: Satria, Firza, Andy, Irianto, Asnawi, Zola, Luthfi, Rafi, Billy, Osvaldo, Marinus

Malaysia: Haziq, Dominic, Ariff, Dinesh, Nazirul, Thivan, Izzan, Nabil, Hadi, Nik, JafriĀ 

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga