Format Baru di Piala Presiden 2019

Format Baru di Piala Presiden 2019 Ilustrasi

Covesia.com - Turnamen Piala Presiden 2019 akan memberlakukan format baru. Berdasarkan pada turnamen sebelumnya, format baru tersebut terdapat pada laga final. PSSI sebagai induk organisasi menetapkan laga final memakasi sistem 'home away' atau laga kandang dan tandang. 

"Final akan digelar dengan sistem kandang dan tandang yang berlangsung pada 9 dan 12 April 2019," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto dikutip Antara di Jakarta, Senin (18/2/2019).

Format "home and away" ini berbeda dengan final di Piala Presiden tiga edisi sebelumnya yakni tahun 2015, 2017 dan 2018. Menurut Iwan, alasan di balik perubahan itu adalah demi meraup lebih banyak animo penonton.

"Kami memutuskan seperti itu karena laga di kandang dan tandang pasti dipenuhi suporter," tutur dia.  Iwan Budianto memastikan bahwa Piala Presiden 2019 akan bergulir mulai 2 Maret dan berakhir paa 12 Maret. Di fase grup, turnamen ini akan berlangsung dengan lima tuan rumah.

Meski grup sudah dibagi, Iwan Budianto menegaskan pihaknya tetap melaksanakan pertemuan untuk memperinci teknis Piala Presiden 2019. Menurut rencana, pembicaraan itu akan digelar pada Selasa besok di Jakarta.

"Besok kami akan mendetailkan jadwalnya, termasuk tentang siapa yang menjadi ketua panitia pengawas (SC) dan panitia pelaksana (OC) Piala Presiden 2019," tutur Iwan.

(ant/dnq)

Baca juga: Segera Bergulir, Berikut Pembagian Grup Piala Presiden 2019

Berita Terkait

Baca Juga