Menang Telak Atasa Persinga Ngawi, Persebaya ke-16 Besar Piala Indonesia

Menang Telak Atasa Persinga Ngawi Persebaya ke16 Besar Piala Indonesia Ilustrasi

Covesia.com - Persebaya Surabaya menang telak 8-0 atas Persinga Ngawi pada babak 32 besar Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu dan hasil ini membawa Bajol Ijo melangkah ke babak 16 besar.

Delapan gol tuan rumah dicetak oleh Amildo Balde empat gol, dua gol Irfan Jaya, serta masing-masing satu gol Jalilov dan Rendy Irwan.  Babak pertama baru berjalan satu menit, Amildo Balde sukses membuka skor melalui tandukan kepala usai menerima umpan silang dari Manuchekhr Jalilov.

Gol cepat membuat Bajul Ijo semakin percaya diri dan memiliki sejumlah peluang di 10 menit awal, namun tendangan jarak jauh Jalilov dan Balde masih belum membuahkan hasil. 

 Menit ke-13, kiper Persinga Ngawi Junaidi harus kembali memungut bola dari gawantgnya setelah Irfan Jaya menceploskan bola melalui tendangan "pisang" kaki kanannya dari dalam kotak penalti. 

Persinga Ngawi bukannya tanpa ancaman, peluang terbaik didapat setelah kiper Persebaya Miswar Saputra melakukan blunder, namun beruntung Miswar masih bisa mengamankan kembali gawangnya. 

Amildo Balde kembali menunjukkan kualitasnya usai tandukannya menghujam keras gawang Persinga sekaligus memperbesar keunggulan Persebaya menjadi 3-0 pada menit ke-22.

Tertinggal telak, pelatih Persinga Fachmi Amiruddin melakukan pergantian pemain di lini tengah dengan memasukan Ridwan Prihandoko menggantikan Ferdiansyah. 

Peluang terakhir di babak pertama didapat Jalilov usai menerima bola liar tepat di depan mulut gawang Persinga, tapi tendangan keras kaki kirinya masih mampu ditepis kiper Junaidi sehingga skor tetap 3-0.

Babak kedua berjalan baru satu menit, Persebaya dikejutkan tendangan keras dari luar kotak penalti oleh Alvin, namun kiper Miswar Saputra masih menepisnya.

Persebaya yang diinstruksikan tak mengendorkan serangan kembali membuat 35.927 Bonek Mania yang hadir di stadion bersorak setelah menit ke-48 lagi-lagi Amildo Balde melesakkan bola ke gawang Persinga.

Berbeda dengan dua gol sebelumnya yang menggunakan kepala, kali ini penyerang impor yang pernah bermain di Celtic FC itu melepaskan tendangan kaki kanannya dari jarak dekat sebelah kiri gawang Persinga.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman melakukan penyegaran di lini tengah dengan memasukkan pemain baru yang musim lalu membela PSMS Medan, Alwi Slamet, menggantikan Fandi Eko Utomo. 

Tak berhenti sampai di situ, tandukan Amildo Balde memperbesar keunggulan menjadi 5-0 usai tandukan kerasnya bersarang di pojok gawang Persinga setelah mengonversi umpan Irfan Jaya menit ke-62. ?Menit ke-69, Irfan Jaya menambah koleksi golnya melalui tendangan menyusur tanah dari depan gawang Persinga sekaligus menegaskan keunggulan 6-0. 

Giliran Jalilov mencetak gol melalui sundulan kepala hasil umpan Irfan Jaya dari sisi kiri pertahanan Persinga menit ke-82. Satu menit jelang waktu normal berakhir, Rendi Irwan menutup pesta kemenangan Persebaya menjadi 8-0 setelah tendangan pelan kaki kanannya menyusur ke pojok kiri gawang Persinga. 

Kemenangan tersebut mengantarkan Persebaya lolos ke babak 16 besar dan akan menghadapi Persidago Gorontalo pada Selasa, 19 Februari di Gorontalo dan Sabtu, 23 Februari di Surabaya.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga