Ramai-Ramai Teken Petisi Erick Thohir Jadi Ketum PSSI

RamaiRamai Teken Petisi Erick Thohir Jadi Ketum PSSI Erick Thohir

Covesia.com - Muncul petisi yang berharap Erick Thohir menjadi ketua umum PSSI. Sejauh ini, banyak masyarakat yang ikutan menandatangani petisi tersebut.

Dikutip detik.com, Selasa (22/1/2019), petisi online yang meminta Erick menjadi ketua umum PSSI muncul pada Minggu (20/1/2019) atau bersamaan dengan digelarnya Kongres Tahunan PSSI di Bali. Petisi itu digagas oleh Wira Adikusuma.

Petisi itu mendesak adanya pergantian ketua umum di PSSI. Edy Rahmayadi, ketua umum yang juga merangkap jabatan sebagai Gubernur Sumatera Utara, diketahui telah mundur dalam Kongres. Posisi ketua umum kini sementara ditempati Joko Driyono, yang sebelumnya menjabat wakil ketua umum.

Hingga Senin pukul Senin 16.00 WIB, petisi tersebut rupanya ramai dukungan. Terpantau di Change.org, sudah 1.700 lebih petisi itu ditanda tangan, dari target 2.500 tanda tangan yang terkumpul.

Erick merupakan mantan ketua INASGOC yang sebelumnya menggelar ajang Asian Games 2018. Kini ia menjadi Tim Kampanye Nasional (TKN) Calon Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Selain itu, Erick diketahui menjabat sebagai wakil komisaris Persib Bandung dan pemilik klub basket Satria Muda. Pengalaman-pengalaman Erick diharapkan bisa membuat PSSI lebih baik dan bersih.

"Ini bertujuan agar sepakbola Indonesia tidak dibekukan lagi oleh FIFA dan PSSI dipimpin oleh orang-orang yang memahami bola, berpengalaman, profesional, bersih, kredibel dan netral. Kriteria ini ada pada sosok Bapak ERICK THOHIR," tutup petisi tersebut.

Untuk pemilihan ketum baru, PSSI harus menggelar Kongres Luar Biasa yang disepakati 67% suara atau 2/3 dari total voters. Apabila KLB disepakati harus digelar, PSSI harus menyiapkan panitianya dan menggelar KLB beberapa bulan dari sekarang.

(dtc/dnq)

Baca juga: Edy Rahmayadi Mundur dari Kursi Ketum PSSI

Baca juga: Alasan Edy Ramayadi Mundur dari Kursi Ketum PSSI

Berita Terkait

Baca Juga