Dispora Sumbar Resmi Berlakukan Car Free Day di Jalan Khatib Sulaiman Padang

Dispora Sumbar Resmi Berlakukan Car Free Day di Jalan Khatib Sulaiman Padang Ilustrasi Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang

Covesia.com - Dinas Pemuda dan Olah (Dispora) Sumatera Barat akan mengagendakan hari tanpa kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD)  di sepanjang jalan Khatib Sulaiman Padang, pada setiap hari Minggu. CFD nanti akan dilounching pada 20 Januari 2019 mendatang, sekaligus peringatan puncak 70 tahun gugurnya Khatib Sulaiman.

“Dipilihnya Jalan Khatib Sulaiman sebagi lokasi CFD merupakan bagian dari peringatan gugurnya Khatib Sulaiman yang diusulkan menjadi pahlawan nasional,” ungkap Kepala Dispora Sumbar, Adib Alfikri, Kamis (17/1/2019).

Adib menyebutkan, pelaksanaan CFD ini karena banyaknya masukan dari berbagai pihak, agar Padang sebagai ibukota provinsi punya kawasan Car Free Day yang lebih aman dan nyaman. Sebab kawasan GOR sebagai lokasi berolahraga selama ini sudah tidak cocok lagi, karena badan jalan banyak dipakai oleh pegadang. Sedangkan masyarakat ingin kawasan yang benar-bena aman dan nyaman untuk berolahraga. 

“Kita ketahui kondisi GOR saat ini sudah sangat krodit, hadirnya CFD yang rencananya akan diselenggarakan setiap Minggu pagi salah satu solusi untuk mengurai kondisi GOR Agus Salim yang krodit tadi,” jelas Adib.

Lebih lanjut Adib menyebutkan, pelaksaan CFD di Khatib Sulaiman ini akan diselenggarakan setiap Minggu pagi, dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. CFD yang diselenggarakan Dispora Sumbar itu akan dibuat berbeda dengan yang lain. Sebab panitia sudah menyediakan sejumlah konsep, agar masyarakat khususnya warga Padang benar-benar merasakan kawasan itu sebagai tempat berolahraga yang tidak bercampur baur dengan pedagang. 

“CFD bukan semata ajang olahraga tapi sudah masuk dalam bagian life style masyarakat per kotaan dewasa ini,” sebutnya. 

Dan nantinya kata Adib, berbagai spot-spot olahraga akan ada di sepanjang jalan Khatib Sulaiman tersebut, kemudian kalau untuk pedagang nantinya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas UMKM agar menata pedagang yang berjualan di daerah itu.

“ Untuk para pedagang nantinya akan kita tempatkan di halaman kantor-kantor pemerintah yang ada di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman. Kantor-kantor tersebut sudah dikoordinasikan untuk tidak menutup pagarnya selama CFD berlangsung. Pedagang akan ditata sedemikian rupa, agar tidak mengganggu masyarakat saat berolahraga,” ungkap Adib.

Soal pengalihan arus lalu lintas nantinya di jalur Khatib Sulaiman ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Untuk pengalihan arus jalan selama CFD berlangsung, sudah kami koordinasikan dengan Dishub Sumbar dan jajaran kepolisian," sebut Adib. 

Lebih lanjut Adib mengungkapkan, ide awal pelaksanaan CFD di Khatib Sulaiman ini di gagas oleh Indonesia Mining Association (IMA) Chapter Padang.

“Sebelumnya dari Dispora Sumbar sendiri sudah membuat suatu program CFD pada tahun 2019 ini, kemudian pemikiran itu juga masuk dari IMA Chapter Padang dan baru kita singkronkan CFD di Khatib Sulaiman tersebut digagas dari kawan-kawan IMA ,” kata Adib lagi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana CFD, Jefri Kurniawan, mengatakan hari bebas kendaraan yang mereka selenggarakan merupakan puncak kegiatan untuk menjadikan Khatib Sulaiman sebagai pahlawan nasional. Sebelumnya pada 15 Januari 2019 sudah dilakukan sejumlah kegiatan. Pada 19 Januari juga diselenggarakan bedah buku sejumlah buku. 

"Kami berharap seluruh masyarakat dan pihak terkait mendukung kegiatan kami ini. Jadi mari kita beramai-ramai datang ke Jalan Khatib Sulaiman Minggu pagi. Bawa keluarga dan sanak saudara ikut car free day ini. Sebab nantinya juga akan ada undian dengan hadiah menarik," ajak Jefri.

(don)








Berita Terkait

Baca Juga